Bumdes Harus Pacu Program Pemberdayaan Ekonomi Kreatif


KM. Sukamulia - "Selaku bagian dari BPD Desa Pohgading Timur, saya perlu menyampaikan bahwa salah satu program wajib yang harus dianhgarkan dari Dana Desa adalah BUMDes. Terkait dengan itu, melalui dana yang dikelolanya BUMDes diharuskan memacu program pemberdayaan ekonomi kreatif warga", tegas Musdan pada saat memberikan masukan kepada Pemdes Pohgading Timur dalam acara Sosialisasi Pembangunan Wisata Kolam Desa Pohgading Timur (21/11/2019).

Apa yang disampaikan oleh anggota BPD Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya tersebut memanglah benar sebab BUMDes memang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat untuk membangkitkan dan mengembangkan ekonomi kreatif demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Musdan juga menyampaikan, "Saat ini Desa salah seorang Pemuda Desa Pohgading Timur beserta kelompok pemudanya punya produk Pupuk Organik Cair Fungsi Ganda yang pernah mendapat juara III Nasional dan kiranya itu perlu diberdayakan serta dikembangkan oleh Pemdes melalui BUMDes. Desa kita punya sumberdaya manusia dengan inovasi yang cukup bagus, hal itu penting untuk kita dongkrak menjadi bagian gerakan Inovasi Desa".

Laki-laki yang aktif berkiprah dalam Kelompok Tani itu juga menyampaikan, "Terkait dengan wisata, Pohgading Timur sudah memiliki dan mengelola aset wisata Pantai Pondok Kerakat dan sekarang kita akan dibangunkan Wisata Tirta berupa Kolam di sekitaran Kawasan Wisata Pantai Pondok Kerakat. Namun, hingga saat ini produk kuliner di Desa Pohgading Timur masih sangat minim. Oleh sebab itu, kedepannya BUMDes Pohgading Timur hendaknya memacu SDM masyarakat melalui program pelatihan kuliner sehingga ke depannya Desa Pohgading Timur punya produk kuliner dan warga yang sudah dilatih tersebut dapat mengembangkan wisata kuliner di kawasan objek wisata yang ada di desa kita", tegasnya.

Masukan-masukan yang diberikan oleh bapak Musdan direspon positif oleh Kepala Desa Pohgading Timur. 


"Ke depannya kita pasti akan mengarah kepada meningkatan SDM demi memajukan ekonomi kreatif warga desa kita melalui BUMDes. Hanya saja, beberapa tahun terahir BUMDes masih fokus pada program simpan pinjam untuk mengurangi jumlah warga kita yang bergantung pada bank rontok", jelas Akhir Yasin, SH.

"Semoga apa yang kita hajatkan dapat terealisasi, lebih-lebih di tahun 2020 kita sudah sepakat untuk membangun wisata kolam dan itu juga akan menjadi bagian dari Inovasi Desa yang juga akan dikelola oleh BUMDes", pungkasnya.

Semoga di tahun-tahun berikutnya Pemdes Pohgading Timur dapat memacu dan terus memacu ekonomi kreatif warga melalui program pemberdayaan dan peningkatan SDM dalam berbagai bidang.
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru