Waktu

KM TNC. Tak terasa waktu telah kita lewati dengan begitu panjangnya dalam hidup kita. Dan oleh sebab waktu pula kita tak bisa mengelak dari pertanyaan, bukankah termasuk kerugian bila waktu berlalu tanpa kita manfaatkan tapi menghabiskan umur? Tak sedikit dari kita yang sudah akrab dengan ungkapan yang sering disampaikan oleh para bijak, "Waktu adalah pedangmu bila kamu tidak menggunakannya dengan baik maka waktu akan memenggal lehermu dalam kehinaan".

Ya, waktu adalah modal hidup kita bila tidak kita manfaatkan dengan baik maka kita akan mengalami kerugian dalam hidup, ini seperti sabda Baginda Rasul Muhammad SAW, "Sebaik-baik kalian adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya, dan sejelek-jelek kalian adalah yang panjang umurnya dan jelek amalnya".

Kalimat penuh pesan kebaikan di atas, berhubungan dengan bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, untuk beribadah maupun hal positif lainnya. Dan janganlah kita menjadi manusia dengan amal yang jelek karena menghabiskan waktu untuk mengejar kesenangan diri dan kemaksiatan yang hanya membuat jiwa kian tersesat.

Tulisan ini adalah tulisan kontemplasi atas waktu, bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Di pertemuan kita yang penuh keberkahan, yang di antaranya adalah keberkahan waktu, semoga bisa kita manfaatkan untuk membuat ilmu makin bertambah. Barangsiapa hari ini lebih baik dari kemarin maka dia orang beruntung, dan barang siapa hari ini lebih buruk dari kemarin maka dia orang yang bangkrut, dan barang siapa hari ini sama dengan kemarin maka dia orang yang merugi.

Selamat melaksanakan Aktualisasi di tempat kerja masing-masing tugas dengan sebaik-baiknya. Dengan dukungan penuh empati dari masing-masing Mentor semoga Aktualisasi nantinya makin membuat setiap kita tahu bagaimana menggapai hasil yang terbaik.

Bandara Sultan Salahuddin,Drs. Cukup Wibowo,M.MPd Sabtu 19 Okt 2019 (usai melewati Rancangan Aktualisasi dengan lancar)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru