Zero Waste Untuk Ekonomi Dan Kemajuan Pariwisata Harus Mulai Dari Desa

Pemerintah Provinsi NTB kini dibawah Gubernur Drs H Zulkiflimansyah dan Wakil Gubernur Hj Siti Rohmi hadir dengan program NTB Gemilang. Dalam program ini, ada satu item program yang juga cukup tenar, namanya Zero Waste. Program ini tengah gencar digaungkan oleh pemerintah NTB. 

Sesuai namanya, Zero waste adalah filosofi yang dijadikan sebagai gaya hidup demi mendorong siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali atau dengan kata lain mendaur ulang sampah. 

Dari sampah yang didaur ulang tersebut bisa menghadirkan nilai tambah atau peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang bergerak pada bidang ini. Contohnya bisa menggunakan sampah untuk program hidroponik. Dimana dengan memanfaatkan sampah plastik sebagai media tanam. 

Zero waste juga soal menjauhi single use plastic atau plastik yang hanya digunakan sekali. Tujuannya adalah agar sampah tidak dikirim ke landfill. Sehingga  zero waste itu tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang.

Selain dari pada itu, program ini tujuannya juga untuk menciptakan daerah yang bebas dari sampah demi kenyamanan dan keindahan, agar wisatawan asing atau mancanegara yang hadir di NTB bisa merasa nyaman. Tentu ini bukan lagi hal yang tabu, mengingat NTB adalah daerah wisata yang terkenal dengan wisata halal nya. 

Setahun belakangan ini, program Zero Waste menunjukkan perkembangan baik dalam kemajuannya. Terbukti di beberapa daerah yang ada di NTB fokus menangani sampah, baik itu dengan mandirikan Bank Sampah, pelayanan kesehatan dengan menggunakan sampah dan beberapa produk lainnya yang mengharuskan sampah sebagai bahan pokoknya. 

Di Kabupaten Dompu sendiri, telah berdiri beberapa Bank Sampah baik itu dikelola oleh Desa dan komunitas tertentu. Di Desa Doro Kobo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu misalnya. Desa tersebut mewajibkan masyarakatnya dalam pelayanan kesehatan (Posyandu) membayar dengan sampah, nanti nya sampah tersebut disimpan atau diserahkam kepada Bank Sampah yang menjalin kerjasama dengan lembaga desa. Upaya ini selaras atau ikut menyukseskan program Zero Waste Pemprov NTB.  

Desa Doro Kobo adalah salah satu contoh desa di NTB yang konsisten dalam menyukseskan program yang di cadangkan oleh pasangan Gubernur Drs H Zulkiflimansyah dan Hj Siti Rohmi ini. 

Dengan contoh ini, agar NTB terbebas dari sampah serta mengolah sampah menjadi barang yang bermanfaat sehingga terciptanya ekonomi kreatif masyarakat, maka harus diwujudkan atau dimulai dari desa.  

Mengingat di NTB ada 99 Desa yang telah ditetapkan sebagai Desa Wisata setelah dicanangkan dan disahkan dalam Peraturan Gubernur pada tahun 2019. Hal ini tentunya sangat relevan dengan program Zero Waste. 

Wisatawan mancanegara atau wisata asing bahkan domestik yang berkunjung ke NTB, akan melihat bagaimana geliat masyarakat pada Desa Wisata tersebut dalam menciptakan desa yang bersih dan bebas dari sampah. Bukan hal yang mustahil jika semuanya bergerak maka program ini akan sukses. 

Disamping itu, tentu untuk menyukseskan program ini ada tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan atau berperilaku membuang sampah sembarangan. Juga kurangnya pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang. 

Ditinjau dari sudut pandang ini, artinya harus ada gebrakan dari Pemerintah dalam menyadarkan masyarakat agar berperilaku hidup sehat dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahwa sampah itu sangat bernilai ketika dikelola. 

Sarana dan prasarana seperti, mobil pengangkut sampah dan tersedianya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah adalah  variabel pendukung yang harus disediakan pada masing-masing desa. Ditambah lagi dengan menciptakan SDA tentang pengolahan sampah melalui pelatihan dan sejenisnya. Disinilah peran pemerintah untuk menyediakan dan memfasilitasinya. (Faruk). 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru