Sosial Media - Ajang Tempat Pamer ???

Pada abad ke-20 tepatnya pada tahun 2019 terkenal dengan namanya generasi milenial, pada generasi sekarang yang kita alami ini sudah tidak asing lagi terdengar dengan generasi milenial, tahun 2019 merupakan tahunnya dimulai para generasi milenial, di tahun 2019 layanan internet sudah semakin pesat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, jauh mundur sepuluh tahun ke belakang internet sangat jarang kite temui, namun sekarang internet sudah menjalar di berbagai tempat.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), hampir separuh dari total pengguna internet di Indonesia merupakan masyarakat dalam kelompok usia 19-34 tahun (49,52%). Sementara pengguna n terbanyak kedua merupakan kelompok usia 35-54 tahun (29,55%), kelompok usia 13-18 tahun (16,68%), dan pengguna dengan usia di atas 54 tahun (4,24%).

Internet saat ini tidak hanya digunakan untuk bekerja dan keperluan pendidikan, tetapi juga semakin dekat dengan kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut tecermin dari jumlah pengguna yang kian bertambah dan angka penterasi yang kian tinggi. Jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2018 mencapai 143,26 juta jiwa dengan penetrasi mencapai 54,6% dari populasi.


Melihat data yang dikeluarkan oleh APJII tersebut, bisa kita katakan bahwa anak muda sangat mendominasi penggunaan internet, dewasa ini hal yang paling sering dilakukan dalam browsing di internet adalah sosial media, kenapa sosial media ? karena trend sekarang semua serba dilakukan melalui sosial media, berbagai macam kegiatan yang dilakukan pasti tidak luput penggunaan yang namanya sosial media ini. Kegiatan seperti berbelanja, berjualan, belajar, atau masalah pekerjaan semua bisa diakses melalui sosial media, hingga di segala sektor peran sosial media sangat penting sekali. Bahkan penulis sendiri berani mengatakan bahwa sosial media membuat masyarakat kita menjadi ketergantungan. Bisa kita lihat dari masyarakat kita sekarang, jika tidak memiliki kuota internet untuk mengakses internet, maka otomatis tidak bisa membuka sosial media, sehari tidak membuka sosial media mungkin terasa sangat berbeda dari hari biasanya.

Setiap sesuatu itu pasti memiliki dampak positif dan negatifnya, begitupun juga dengan sosial media. Sosial media memiliki banyak pengaruh positif, segala informasi yang ada di belahan dunia bisa kita akses melalui sosial media, segala urusan bisa juga kita lakukan melalui sosial media. Adapun dampak negatif dari sosial media juga berbanding lurus dengan dampak negatifnya. Bersosial media tidak hanya sekedar bersosialisasi atau berinteraksi dengan masyarakat melalui dunia maya saja. Ada sebagian orang juga saling menjelekkan, saling memfitnah, saling memprovokasi melalui sosial media. Ada juga yang menyebarkan berita hoax atau berita kebohongan sehingga orang bisa menerima salah informasi tentang kejadian yang disebarkan. Dari sekian dampak positif dan negatif yang dihasilkan oleh penggunaan sosial media, ada salah sesuatu hal menarik yang penulis sosroti melalui artikel opini ini, yaitu satu hal lagi dampak negatif dari sosial media yakni di sosial media sekarang kebanyakan orang orang sering pamer sesuatu yang menurutnya mungkin luar biasa untuk dipamerkan ke orang-orang agar terlihat keren atau mampu dalam segi ekonomi dll, tergantung orang cara orang menilalinya. Disini saya sendiri juga tidak keberatan ataupun bagaimanapun orang memamerkan sesuatu yang dimilikinya di sosial media, kita tidak boleh mengatur pribadi seseorang dalam hidupya, hidupnya iya hidupnya, tetapi apa iya kita akan terus seperti itu dalam bersosial media ? coba kita hitung berapa waktu kita habiskan selama ini kalau hidup kita hanya digunakan untuk membuat story di timline sosial media. Apakah ada manfaat untuk diri sendiri atau untuk orang ? negara lain sudah pada memikirkan teknologi terbaru apa yang harus dikembangkan di masa yang akan datang, kita disini masih sibuk saling memamerkan sesuatu hal yang tidak bermanfaat.

Terahir untuk saya dan kita semua, semoga dengan tulisan ini membuka cara pandang kita, jadikan sosial media itu sebagai sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang, karena menjadi bermanfaat untuk orang itu sangatlah baik. 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru