Kampung Media Bagian Dari Bela Negara


KM. Sukamulia - Bela Negara mengandung arti yang luas dan mencakup segenap sikap dan perilaku warganegara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Berdasarkan konsep tersebut makan jelaslah bahwa Kampung Media NTB merupakan salah satu bagian kegiatan Bela Negara dalam aspek informasi dan pelayanan publik.

Pada hakikatnya kesadaran bela negara adalah kesediaan berbakti dan berkorban untuk membangun dan mempertahankan keberlangsungan hidup bangsa dan negara melalui pengembangan sikap dan hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata maupun ancaman tidaknyata seperti hox dan fitnah, serta berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Terkait dengan hal itu, Kampung Media merupakan Portal Jurnalisme Warga NTB yang diinisiasi oleh sosok inspiratif, kreatif dan inovatif - Fairuz Abadi yang kemudian diisi oleh masysrakat NTB yang memiliki motivasi tinggi untuk membangun dan mempertahankan hidup daerah dan bangsa mereka melalui kegiatan jurnalisme warga (menulis informasi tentang potensi dan kegiatan inspiratif daerah mereka di portal Kampung Media).


Dari kegiatan yang dilakukan oleh segenap Warga Kampung Media NTB maka tidak diragukan lagi bahwa Kampung Media adalah bagian dari kegiatan Bela Negara. Bagaimana tidak, melalui Portal Jurnalisme Warga NTB ini ribuan masyarakat NTB bersama-sama berjuang membangun NTB.

Bukan hanya itu, melalui Kampung Media juga warga NTB membangun tradisi menulis dan menyampaikan informasi bermanfaat dengan berlandaskan kejujuran. Melalui Kampung Media pula dilaksanakan kegiatan memerangi hoax dan fitnah demi menjaga keutuhan bangsa.

Atas dasar itu, pada bulan Juli 2018 dua orang warga Kampung Media direkrut menjadi bagian dari keluarga besar Kader Bela Negara 2018 dan pada tanggal 30 Juli 2019 dilantik menjadi pengurus Forum Bela Negara NTB masa bakti 2019-2024 sebagai perwakilan dari keluarga besar Kampung Media NTB.


Dua warga Kampung Media dimaksud adalah Asri (KM. Sukamulia) dan Badri (KM. Pohgading Timur). Mereka berdua direkrut sebagai Kader Bela Negara atas kreatifitas dan keaktifannya sebagai jurnalisme warga NTB yang dengan suka rela membagi informasi bersama warga Kampung Media lainnya demi memajukan daerah dan bangsa.

Dalam Forum Bela Negara NTB, mereka berdua dimasukkan sebagai anggora Komisi II DPW FBN NTB yang menangani bidang Seni Budaya, Sosial dan Hukum. Warga Kampung Media ini juga dilantik menjadi DPC FBN Lotim masa bakti 2019-2024 yang dimana pengelola KM. Sukamulia (Asri) dimandatkan sebagai ketua.

Semoga ke depan semakin banyak warga Kampung Media yang masuk menjadi anggota Bela Negara RI. Semoga Kampung Media dan Forum Bela Negara NTB semakin jaya. Salam dari kampung.
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru