Harganas Ke-26 Bangun Karakter 8 Fungsi Keluarga.

Momentum Harganas ini sebagai momen untuk membangun karakter dan menanamkan nilai dalam keluarga dengan membangun 8 fungsi keluarga. Sehingga dapat membentuk nilai keluhuran bangsa.

Peringatan Harganas tidak sekedar seremonial akan tetapi kegiatan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya kegiatan pameran gelar dagang untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Drs. Sama'an, saat pembukaan pameran dan gelar dagang UPPKS/ UP2K/UMKM di halaman kantor Bupati Bima pada hari Sabtu (29/6).

"Harganas ke – 26 tingkat Provinsi di kabupaten Bima, sejalan dengan visi NTB Gemilang yang tertuang dalam 52 program unggulan, memperkenalkan produk hasil kerajainan yang dilakukan oleh kelompok UPPKS/ UP2K/ UMKM, mengingat potensi dan peran sertanya telah berupaya menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi kerakyatan," jelas  Drs. Sama'an.

Menurut Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Program KKBPK merupaan program integral dari pembangunan kependudukan, yang secara garis besar dilakukan melalui dua upaya yaitu pengendalian kualitas penduduk dan peningkatan kualitas penduduk melalui perwujudan keluarga kecil yang berkualitas.

Keberadaan keluarga dirasakan sangatlah penting dalam sebuah keluarga, karena dapat menjadi pendorong untuk mendinamisasikan faktor penting, pemberdayaan keluarga yang bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan keluarga, yang dimulai dari aspek pengenalan masalah / kebutuhan keluarga dan menghargai potensi yang dimiliki serta mau memotivasi diri untuk mencapai pemenuhan kebutuan ekonomi keluarga. 

Berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga telah dikembangkan pemerintah bersama masyarakat. Sejak tahun 1979 BKKBN telah merintis “ Program Beyond Family Planning”, yakni terintegrasinya berbagai program sosial ekonomi kemasyarakatan dengan program KB dan meningkatkan upaya peran serta masyarakat terhadap program KB dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha.

Dalam perkembangannya Kelompok Usaha Penigkatan Pendapatan Kelaurga Sejahtera ( UPPKS) banyak mengalami kendala antara lain kualitas produksi dan kesulitan dalam memasarkan produk hasil kelompok. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk membantu permasalahan ini. 

Keperdulian sektor terkait banyak membantu dengan bekerjasama antara AKU sebagai wadah kelompok UPPKS dengan Dinas Perindustrian, Dinas koperasi dan perdagangan serta sumber permodalan yang ada. Dengan menampung berbagai hasil produk dari berbagai kelompok telah dibentuk galeri UPPKS sehingga para pembeli dapat melihat secara lebih mudah hasil produk yang diinginkan.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang untuk memasarkan produk unggulan dari masing –masing daerah, selain itu adanya tukar-menukar pengalaman sebagai pelaku usaha dan  terjalin komunikasi dalam memperkuat jaringan antar mereka. (Edy-TM)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru