November Jadi Awal Musim Penghujan

Memasuki awal musim penghujan pada bulan November. Masyarakat baik di kota maupun di desa tentunya harus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi seperti banjir dan tanah longsor. 

Antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan tentunya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Terutama dari persoalan sampah yang kerap menjadi penyebab timbulnya banjir serta memperbaiki saluran drainase yang tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Sementara bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan serta rawan longsor tentunya harus waspada dengan tidak melakukan penebangan hutan secara liar (illegal logging). 

Tidak hanya banjir dan tanah longsor. Musim penghujan ini juga berpotensi menimbulkan berbagai penyakit, seperti malaria, flu dan batuk. Untuk itu masyarakat harus pandai menjaga kesehatan fisik mereka agar terhindar dari berbagai penyakit yang berpotensi timbul pada musim penghujan ini. 

Selain itu, datangnya musim penghujan ini juga membawa berkah tersendiri bagi para petani karena bisa mengairi lahan pertanian mereka. Dengan suburnya lahan pertanian mereka diharapkan dapat menghasilkan panen yang lebih baik. (San)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru