Mewujudkan Cinta Keluarga Yang Terencana

Mewujudkan keluarga yang sehat sejahtera akan melahirkan generasi muda bangsa yang baik, hal tersebut dapat dimulai dari perencanaan yang baik, cinta yang tumbuh dan berkembang dalam hati Sanubari individu keluarga merupakan buah dari suatu proses yang terencana sebelumnya. 

Pesan tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala BKKBN dr. Sigit Priohutomo. MPH, saat menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 dirangkaikan dengan HUT KLU X, Sabtu (21/7), di Lapangan Tioq Tata Tunak Tanjung Kabupaten Lombok Utara. 

Sigit Priohutomo dalam sambutannya menjelaskan bahwa program Keluarga Berencana tahun 2018 Ini sudah memasuki usia 50 tahun. Beberapa kali berubah nama. Pada tahun 1970 Lembaga ini murni diresmikan pemerintah dengan nama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional yang disingkat (BKKBN) yang kemudian berubah menjadi Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional sejak adanya Undang-undang 52 tahun 2009.

Berdasarkan sensus demografi dan kesehatan Indonesia SDKI 2017 angka kelahiran wanita Indonesia mengalami penurunan dari 2,6 anak wanita tahun 2012 menjadi 2,4 anak wanita sedangkan Provinsi NTB telah mencapai 2,5 anak wanita tahun 2017 mendekati angka Nasional.

Oleh karena itu saat ini yang menjadi tugas kita semua adalah kualitas penduduk, bagaimana menciptakan sumber daya manusia berkualitas Melalui Strategi Peningkatan Program Pembangunan Keluarga, dengan meningkatkan kapasitas tenaga lapangan dan kader serta kelembagaan pembinaan keluarga dalam hal penyuluhan keluarga tentang pemahaman fungsi keluarga dan Meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam upaya meningkatkan fungsi dan peran keluarga.

Oleh sebab itu tenaga lapangan dan kader harus dibekali dengan kemampuan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Keluarga Berencana (KB) dalam peningkatan Kesejahteraan Keluarga dan peningkatan Penyuluhan tentang pemahaman keluarga/orang tua.

“ kami mengharapkan pendayagunaan dapat dioptimalkan untuk mendukung pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga Demi Mewujudkan Keluarga Kecil yang Berkualitas,” jelas Sigit Priohutomo

Bupati Kabupaten Lombok Utara Dr. H. Najmul Ahyar, SH. MH., yang menjadi Inspektur Upacara mengungkapkan bahwa Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Lombok Utara memberikan apresiasi istimewa kepada putra terbaik Kabupaten Lombok Utara Lalu Muhammad Zohri yang telah mengharumkan daerah KLU, NTB dan RI di kancah Internasional  atas prestasinya menjadi juara 1 (Satu) lomba lari 100 Meter pada kejuaraan dunia atletik junior putra. “Prestasi yang ditorehkan putra asli KLU ini merupakan Kado Special di Huta KLU ke-10,” ungkap Najmul Ahyar.

Dihadapan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, yang diwakilkan oleh Wakil Gubernur H. Muh. Amin, SH,. M. Si, Kapolda NTB, Danrem 162/Wirabakti, Ketua DPRD Provinsi NTB, Pejabat dari Lembaga dan Kementerian RI, Sekda Provinsi NTB, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Bupati Kabupaten Lombok Utara, Bupati/Walikota se-Provinsi NTB, Bupati KLU membacakan capian KLU selama 1 Dasawarsa sejak di bentuk tahun 2008.

KLU telah memotivasi diri, bersinergi dalam pembangunan yang adil dan merata. Dengan segenap daya dan energy yang kita miliki, bermitra secara simultan guna mencapai target kinerja yang telah kita tetapkan. Hal ini itu terbukti menunjukan tanda-tanda perkembangan yang signifikan terhadap pencapaian target pembangunan dan prestasi pemerintah daerah.

Peringatan hari Ulang Tahun KLU bukanlah sebuah hajatan seremonial semata  yang hanya mengenang dinamika masa silam. Tetapi harus kita jadikan sebagai kilas balik sejarah dan titik kulminasi evaluasi dan reflekasi atas apa yang telah dan yang akan kita laksanakan untuk pembangunan dan kemasyarakatan. 

“Tahun 2018 adalah tahun ketiga masa pengkhidmatan kami mengabdi kepada masyarakat KLU. Dimana dalam rentang waktu tersebut telah banyak hal yang mewarnai derap langkah kita dalam rentang waktu tersebut telah banyak hal yang mewarnai derap langkah dalam membangun KLU menuju suatu kondisi yang lebih baik, Untuk itu saya mengajak kita semua, Mari perteguh komitmen seraya terus berkarya dengan pikiran yang visioner. Inovatif dan produktif ,” ajak Bupati yang menjabat sejak 2006 lalu.

Berbagai prestasi dan capian dalam tata kelolaan keuangan dan pendapatan daerah di paparkan oleh Bupati KLU. Salahsatunya Dalam perjalanannya selama satu dasawarsa, KLU pada akhir tahun 2017 telah mampu merealisasikan pos pendapatan asli daerah dengan capaian baik. Bentuk tanggungjawab kita terkait dengan pelaksanaan tersebut mampu menghasilkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dar BPK RI. Kita berharap penilaian atas pengelolaan keuangan daerah ini dapat kita pertahankan secara berturut-turut.

Capian diatas tentunya tidak dapat diraih tanpa adanya kerjasama yang baik memberikan pelayanan optimal bagi warga Bumi Tioq Tata Tunaq. Terus menjalin hubungan seluruh elemen masyarakat serta aparatur pemerintah guna menyerap aspirasi dalam menjalankan program pembangunan.

“Berkat sinergi dan kerjasama yang sebangun diantara pemangku amanah pembangunan ditopang oleh kerja keras bersama. Usaha nyata dan gagasan para tokoh pendiri KLU yang telah mengantarkan terbentuk KLU, menjadikan kami sebagai pemimpin daerah ini kepemimpinan kedua. Kepemimpinan daerah pada periodisasi pertama telah meletakan pondasi awal pembangunan di KLU,” katanya.

“Tema besar Hari Ulang Tahun ke-10 dan HARGANAS ke 25 tahun 2018 adalah Dasawarsa KLU, Berkah dan Maju Melalui Hut Dasawarsa KLU dan Harganas ke-25 tahun 2018,  Kita Bangun Keluarga Berkualitas Mulai Dari 1000 Hari Pertama Kehidupan Menuju Generasi Emas NTB 2025,” Tutup Najmul Ahyar. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru