Menulislah Supaya Dikenal Dunia


KM. Sukamulia – “Membacalah Supaya Mengenal Dunia dan Menulislah Supaya Dikenal Dunia”, tegas Kepala KOMINFOTIK Provinsi NTB (Tri Budi) saat memberikan sambutan pada acara Inspiratif Expo yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 09 Mei 2018 di Desa Madayin Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur.

Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Firman pertama ALLAH SWT adalah perintah membaca (iqro’). Manusia diperintahkan untuk membaca supaya mengenal diri dan tuhannya. Mengenal diri artinya mengenal diri dan lingkungan yang ada di sekitar kita. Mengenal tuhan artinya dengan membaca maka kita bisa mengenal Tuhan dengan segala ciptaannya yang tersebar di alam semerta. Dengan demikian membaca memiliki arti yang sangat penting bagi manusia dan kehidupannya.

Lalu bagaimana dengan menulis, menulis juga tidak kalah pentingnya bagi manusia dan kehidupannya. Apa yang akan kit abaca apabila tidak ada tulisan. Kita tidak akan bisa menemukan Al-Qur’an dan kitab-kitab lainnya apabila ayat-ayat Al-Qur’an tidak ditulis dan dikumpulkan seperti yang kita temukan saat ini. Demikian juga dengan kitab-kitab lainnya.

Kita juga tidak akan pernah tau kisah-kisah orang terdahulu dan berbagai materi ilmu yang kita pelajari di bangku sekolah apabila tidak ada tulisan-tulisan yang memuat semua itu. Semua materi yang kita pelajari di bangku sekolah merupakan hasil para penulis terdahulu. Memang benar, menulis itu adalah salah satu cara untuk kita mengabadikan diri dan kisah serta pengalaman yang kita miliki.

Siapa yang akan mengenal Leonardo Davinci, Ibunu Batuta dan tokoh-tokoh dunia lainnya jika tidak ada tulisan yang memuat cerita mereka ?. Kita semua mengenal mereka sebab adanya tulisan yang menceritakan mengenai kisah hidup dan keahlian-keahlian yang mereka punya. Yach,,, kalimat singkat yang ditegaskan oleh Pak Tri Budi ternyata menyimpan makna yang termat sangat luas. Dan jika itu kita renungkan maka kita akan semakin terpacu untuk membaca dan menulis.

Menulis merupakan ekspresi pikiran, gagasan ide, pendapat, pengalaman disusun secara sistematis dan logis. Keterampilan menulis dibutuhkan untuk merekam, meyakinkan, memberitahukan, serta mempengaruhi orang lain. Semua tujuan hanya dapat diperoleh apabila disusun dan disampaikan dengan jelas.

Yach, menulis memang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Secara umum, tujuan menulis adalah untuk menyampaikan informasi kepada seseorang ataupun orang banyak. Bukan hanya itu, menulis juga bertujuan untuk mengabadikan cerita-cerita atau kisah hidup dan pengalaman si penulis.

Dengan demikian, tidak salah kiranya jika Kepala KOMINFOTIK Provinsi NTB berkata “menulis itu memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia. Tidak salah pula beliau menagatakan jika kita ingin dikenal dunia maka tulislah kisah-kisah dan pengalaman hidup kita. Informasi yang kita miliki tidak akan bisa sampai kepada orang lain jika hanya ditulis kemudian disimpan. Jika kita ingin dikenal dunia maka menulislah dan publikasikanlah tulisan itu melalui media sosial yang kita punya, termasuk melalui Media Sosial-nya warga NTB, yaitu Kampung Media NTB”.


Pernyataan beliau kiranya sangat penting untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita. Banyak sekali contoh yang dapat kita lihat terkait dengan motivasi yang disampaikan oleh Kepala KOMINFOTIK NTB tadi. Tidak ada orang yang akan mengenal wisata NTB yang tersebar di seluruh pelosok NTB jika warga Kampung Media tidak menulis dan mempublikasikannya melalui Kampung Media. Misalnya, Wisata Desa MASMAS yang ditulis dan dipublikasikan oleh pak Habib yang setelah diceritakan melalui tulisan-tulisan ringan yang dipublikasikan di Kampung Media maka kini Desa MASMAS dengan paket wisatanya yang unik dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Dan banyak lagi contoh kecilnya.

Dengan demikian, marilah kita menulis dan mempublikasikan tulisan-tulisan kita melalui Kampung Media NTB agar kisah kita, desa kita, asset yang ada di sekitar kita dikenal oleh dunia dan tentunya setalh dunia mengenalnya maka itu akan membawa berkah bagi kita dan orang-orang yang ada di sekeliling kita.

Warga dan Pencinta Kampung Media yang kami banggakan, di ahir tulisan ini kami mengajak saudara-sadara sekalian untuk terus membaca supaya kita mendapatkan informasi dan tentunya infromasi yang kita dapatkan dari membaca itu perlu kita saring supaya kita tidak tersesat oleh informasi-informasi HOX. Dan marilah kita menulis dan terus menyampaikan infromasi bermanfaat yang kita punya agar orang lain dapat mengetahui dan merasakan manfaat dari infromasi yang kita miliki sebagaimana selogan Kampung Media, “Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru