Kampung Media Gelar Pelatihan Menulis Kreatif Di Sambelia.

Untuk mengubah kebiasaan bertutur atau bercerita menjadi kebiasaan menulis Komunitas Kampung Media Lombok Timur memberikan pelatihan menulis dan mengembangkan potensi desa, Rabu (10/5) di Aula desa Madayin Kecamatan Sambelia Lombok Timur.

Pelatihan kaidah dasar menulis ini diberikan oleh pemateri, Kampung Media dan pemuda pelopor Nasional yang mewakili NTB dan merupakan seorang guru Asri, juga koordinator Kampung Media Suka Mulya Lotim.

Disamping itu juga penggagas wisata desa yang telah berhasil menyulap desa Mas-mas Lombok Tengah dikunjungi oleh ratusan wisatawan nusantara maupun mancanegara Habiburahman, dihadirkan untuk memotifasi dan menginspirasi remaja dan pemuda untuk terus mengembangkan diri

Puluhan remaja dan pemuda Kecamatan Sambelia di ajarkan oleh 2 penulis Kampung Media yang telah menyabet berbagai prestai di tingkat regional maupun nasional.

Menurut Asri, cara belajar menulis yang paling gampang adalah menulis apa yang di lihat, dirasakan, di dengar dan dilakukan. " Tulislah tanpa beban, tidak perlu memikirkan kaidah dan tatacara menulis," ujar Asri.

Menulis tanpa memperhatikan kaidah 5W 1H. Itu modal awal menulis.Terus menulis, setelah lancar dan terbiasa anda dapat menata kembali gaya menulis dengan memperhatikan kaidah menulis.

Sedangkan Koordinator Kampung Media Mas-mas dan Pelopor wisata desa Habiburahman, mengajak peserta pelatihan penulisan kreatif ini untuk terus mengembangkan diri. Cakap melihat potensi di desa untuk dikembangkan.

"Kalau di desa kita punya hal atau potensi yang bisa dijual, coba dikemas dan dikembangkan untuk mengembangkan ekonomi bagi kita dan masyarakat ," jelas Habib.

Menurut Habib, di Kecamatan Sambelia dekat dengan laut. Disamping itu posisinya strategis karena berada di gugusan gunung Rinjani. Banyak potensi untuk dikembangkan baik untuk wisata pinggir pantai dan lautnya.

Habib berpesan, potensi desa ini terus di ekplore lewat tulisan. Maka teruslah belajar untuk bercerita dalam tulisan. Karena lewat tulisan paling cepat mempromosikan sebuah aset atau destinasi wisata di desa kita.


Pelatihan penulisan kreatif ini di pandu Ajmi, koordinator Kampung Media Sembalun. Dengan bahasa dan cara penyampaian yang sederhana anak-anak Kampung Media ini terus memberikan edukasi dan motifasi kepada remaja dan pemuda untuk lebih kreatif mengembankan diri dan potensi yang ada di sekitanya.

Pelatihan penulisan kreatif ini merupakan rangkian dari kegiatan di kecamatan binaan Diskominfotik NTB. Bertajuk Inspiratif Expo On Site yang di dalamnya ada Sarasehan di kantor camat, pemeriksaan kesehatan gratis oleh Fakultas Kedokteran  Unizar mengandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

Pada malamnya berbagai hiburan dan sambutan Kadis Kominfotik NTB dan Camat Sambelia, menutup rangkian kegiatan tetsebut. Betbagai pentas hiburan rakyat dan nonton bareng video dokumenter tentang hasil pembangunan sepuluh tahun terakhir kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengakhiri Rangkian Kegiatan tersebut. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru