Kartini Muda Ajak Berliterasi

Memperingati Hari Kartini identik dengan emansipasi Wanita. Kesetaraan hak bagi perempuan dan kaum laki-laki. Kartini mengajarkan kita untuk berliterasi atau belajar membaca. Membaca dapat mengubah seseorang kea rah yang lebih baik. Dengan membaca kita akan memperoleh banyak pengetahuan.

Dihari Kartini 21 April 2018, pesan ini yang disampaikan oleh Yuyun koordinator kaum perempuan dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) NTB hadir dengan tema Budayakan literasi atau membaca bagi perempuan Indonesia, memperingati hari Kartini.

Puluhan Kartini-Kartini muda dari berbagai kampus yang ada di Mataram NTB yang tergabung dalam KAMMI NTB ini mendeklarasikan bahwa Hari Kartini wanita Indonesia harus berliterasi, gemar membaca.

“Dengan gemar membaca, kita akan memiliki ilmu dan mengetahui tentang dunia sehingga kita jadi mampu disejajarkan dengan kaum laki-laki,” ajak Wanita yang biasa disapa Uyun ini.

Sambil menyampaikan yel-yel salam perempuan Indonesia, “Hidup Perempuan Indonesia”, ucap mahasiswi KAMMI ini diikuti oleh kaum perempuan di arena Inspiratif Expo.

Di arena Carfreeday Kartini-Kartini muda ini membentangkan sepanduk mengajak kita, Semarak Hari Kartini, Bebaskan Perempuan NTB dari Budaya Malas Membaca.Mereka Longmatc menyampaikan pesan damai di sepanjang jalan Udayana.

Yuyun juga menjelaskan, bahwa budaya membaca harus diperkuat. Buku merupakan sehabat dan teman kita. Buku dapat dibawa kemana-mana. Membaca buku bisa dimana saja.

Koordinator Perempuan KAMMI NTB ini juga menjelaskan bahwa telah memilik perpustakaan jalananan. “Bagi para penonton atau penikmat IE di Uadayana bisa membaca di Mobil perpustakaan milik KAMMI,” ajak Uyun.

Jadi di Hari Kartini ini, “Mari kita bangkitkan semangat mambaca bagi perempuan Indonesia. Sejatinya Emansipasi itu harus mulai dari diri kita,” paparnya.

Pesan ini merupakan pesan moral yang disampaikan oleh Pukot Mataram, FSLDK, BEM Unram,LDK Baabul Hikmah yang terhimpu di dalam Perempuan KAMMI NTB. (Edy)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru