Dana Desa Untuk Posyandu Desa

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan Pembinaan kemasyarakatan.

DI Kecamatan Batulayar, dana desa sudah mulai digelontorkan pada Tahun 2016 lalu, dan jumlahnya cukup besar rata-rata nominalnya hamper satu milyar per desa, di Kecamatan Batulayar. Dana Desa diharapkan mampu membangun Indonesia dimulai dari tingkat desa, dan pembangunan yang di maksud tentunya bukan hanya pembangunan fisik, namun juga pembangunan sumber daya manusi melalui pemberdayaan dan pembinaan kemasyarakatan. Salah satu peruntukkan dana desa adalah untuk peningkatan kesehatan masyarakat, dan hal ini bisa dilakukan dengan mengalokasikan dana desa pada sumber potensi yang sudah ada di desa sejak dahulu yaitu melalui kegiatan posyandu. Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan di desa posyandu biasanya terletak di masing-masing dusun. Agar pelayanan kesehatan bisa lebih mudah di akses oleh masyarakat di tingkat akar rumput. Adapun bentuk dukungan alokasi dari Dana Desa untuk kegiatan posyandu antara lain, Pemberian Makanan Tambahan untuk Bayi dan Balita, Pemberian Makanan Tambahan Untuk kesehatan ibu hamil Kek, Pemberian Makanan Tambahan untuk Balita Gizi Buruk dan lainnya.

Kegiatan dukungan semacam ini sangat diperlukan oleh masyarakat, dan salah satu yang mengalokasikan Dana Desa untuk PMT Bayi Balita, BUMIL Kek, dan PMT BGM adalah Desa Meninting. Hal ini dilakukan karena merupakan kebutuhan masyarakat selain itu juga kegiatan semacam ini sudah dialkukan pada program GSC dan dengan adanya Dana Desa harapan masyarakat kegiatan dukungan untuk posyandu akan terus berkelanjutan.  (By: Marwan)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru