Makna Sumpah Pemuda Menurut Asri, S.Pd

Kokok Putik - Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 ini, Asri, S. Pd menyampaikan latar belakang terjadinya Sumpah Pemuda, Tujuan dan Hasil Keputusan Kongres Pemuda II yang dilaksanakan di Jakarta, yang salah satunya adalah mengikrarkan Sumpah Pemuda. Ia juga menyematkan kepada segenap peserta upacara untuk senantiasa menjunjung tinggi Kesatuan NKRI, memperkuat jiwa nasionalisme dan patriotisme serta menumbuhkembangkan karakter luhur pada setiap jiwa warga sekolahnya.

“Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1982 merupakan momentum awal perjuangan dan pergerakan bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekannya sehingga atas semangat juang pemuda indonesai pada waktu ini maka Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia dapat dikomandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tercapainya kemerdekaan bangsa ini tidak lepas dari peranan pemuda yang memiliki nasionalisme dan jiwa juang yang tinggi. Oleh sebab itu, kita yang hidup pada era kemerdekaan ini, pada era reformasi ini hendaknya memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme pada jiwa kita semua. Jika dulu, pemuda dan atau para pejuang bangsa ini berjuang memcapai kemerdekaan Indonesia dengan mengorbankan jiwa, raga, serta materi yang mereka punya maka kija selaku penerus mereka juga harus seperti itu, paling tidak kita pertahankan kemerdekaan yang telah mereka gapai dan kemudian kemerdekaan itu kita isi dengan berjuang memajukan bangsa ini dengan kreatifitas yang kita miliki masing-masing”, papar Asri pada saat menyampaikan amanat selaku Pembina upacara.

“Hal terpenting yang perlu kita ingat dalam memoent peringatan Sumpah Pemuda ini adalah kita selaku pemuda dan pemudi banga Indonesia yang hidup pada era kemerdekaan ini hendaknya terus dan terus berjuang dengan apa saja yang kita bisa sehingga bangsa ini bisa mencapai kemerdekaannya yang sejati”, tegasnya sebelum mengahiri amanatnya. (dikutif dari tulisan KM Sukamulia)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru