Emak-Emak yang Suka Memukul Anaknya di Jalan

"Pilihlah kalimat atau kata yang tepat untuk mendisiplinkan anak, bukan dengan bentakan apalagi kekerasan"

Harus banget ya dengan jalan kekerasan?

Jadi gini ceritanya, beberapa hari yang lalu tetanggaku sebut saja di Mawar yang menikah di usia dini dan mengharuskannya memutuskan sekolahnya. Punya anak, dan kebetulan sedang jalan kaki bersama saudara dan anaknya. 

Anaknya sebut saja Mawar Kecil (MK) hendak menyeberang jalan umurnya sekitar 3-4 tahun, kebetulan ada motor dari arah barat yang hampir saja menabrak anak itu. Bukan hampir juga sih, karena jarak mereka yang yaaa lumayan jauh. 

Si saudaranya mukul si MK ini dan bilang 

"Kamu ga bisa diem, dibilangin liat-liat jalan!" *sambil terus memukul si MK

MK masih terus menangis dan ibunya yang sedang menggendong anak saudaranya bukannya nanya apakah anaknya baik-baik saja malah ikut memarahi anaknya. 

Pernah juga kejadian didepan mataku, sebut saja si Kembang Kol (KK) waktu itu dia juga sedang berjalan dengan anak perempuannya sebut saja Kembang Kol Kecil (K3). Dari posisi jalannya juga sudah membahayakan dimana emaknya ada dipinggir sebelah kanan dekat tembok dan anaknya sebelah kiri dekat dengan lalu-lintas kendaraan.

Waktu itu anaknya terjatuh, well emaknya si KK langsung mukul dan marahin anaknya kemudian di gendong. (Can't just you ask her that is she okay or feeling pain?")

Sebenarnya ini pemandangan biasa yang aku lihat dikehidupan sehari-hariku, tapi yaaaa aku jadi bertanya-tanya "What really inside your mind wahai emak-emak?"

Mereka adalah darah dagingmu yang harusnya kamu jaga dan jika terjatuh bukannya malah memarahinya melainkan bertanya "Are you okay dear?" 

Ketika aku marahin salah satu emak karena mukulin anaknya yang lagi asyik main air dan menceramahinya karena memukul anaknya, si emaknya bilang ke aku "Kamu sih belum ngerasain jadi emak-emak! Awas aja nanti kalau kamu mukul anakmu!" 

Kubilang aja, aku emang belum ngerasain jadi emak-emak dan sedang belajar dari keponakan-keponakanku, dan aku belajar untuk menggunakan kata-kata yang baik dan tidak memukul keponakan-keponakan ku. (Ya kali gue mukulin anak orang) :D

Emak tau ga sih otak setiap anak itu istimewa?
Sekali emak marahin anak, jutaan sel-sel yang bikin anak pinter itu jadi mati mak.
That's why emak sebaiknya memilih kalimat atau kata yang tepat untuk mendisiplinkan anak, bukan dengan bentakan apalagi kekerasan. :)

PS.
Aku ga sempurna dan mungkin ga tau seberapa besar perjuangan ibu-ibu menahan sabar dan mengurus rumah tangga. Aku cuma sedang belajar, salah mungkin hal yang wajar ya. Setiap emak pasti punya gaya yang berbeda dalam mengasuh anak.

Photo Source:
http://lunalegal.net/wp-content/uploads/2014/09/family-law.jpg

First Upload 

http://juliatiasaputri.blogspot.co.id/2017/10/emak-emak-yang-suka-memukul-anaknya-di.html

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru