Sambung Rasa KIM Kota Mataram

Kampung Media adalah Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) di era digital. Keberadaan KIM di masyarakat diharapkan mampu mengabarkan dan menyampaiakan informasi kepada mayarakat baik itu secara langsung maupun lewat sebuah media. Menulis dan mengabarkan sebuah informasi lewat Website Kampung Media adalah cara untuk bisa melihat kinerja KIM

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik NTB Ach. Fairuz Abadi, SH, saat memberikan arahan pada acara Sambung Rasa antar anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kota Mataram, Selasa (03/10) di Kebon Coffe & Resto Mataram.

Ditambahkan Fairuz, “Sambung Rasa adalah salah satu metodologi untuk bertemu (Kopi darat) bagaimana menyatukan program dan meningkatkan gagasan atau ide-ide untuk dikembangkan. Apa yang bisa dilakukan atau program apa yang bisa kita perbuat untuk masyarakat kemudian KIM mengawal  program tersebut,” Kata Kabid Penggagas Kampung Media ini.

Komunitas ini sebenarnya kata lain dari berjamaah, Kekuatan berjamaah itu kuat sekali. Selama ini kita hanya berjamaah di Mesjid, Potret berjamaah di masjid itu kita terapkan berjamaah di kehidupan masyarakat. Potret berjamaah itu potret kita bermasyararakat.

Sambung Rasa antar anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kota Mataram, dihadiri juga oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika  (Kominfo) Kota Mataram H. Lalu Junaidi. Dalam sambutanya Junaidi memaparkan perkembangan teknologi dan informasi  begitu pesatnya di era modern ini. Perkembangan Informasi tidak ada batasannya. Komunitas ini merupakan sebuah media untuk mengelola informasi. “Komunitas atau kelompok ini bisa menemukan keunggulan pada diri kita atau potensi-potensi yang ada di masyarakat,” ujar Junaidi

Keberadaan KM dan KIM menjadi entrepruner, menjadi penerjemah informasi dan penyebar informasi kepada masayarakat. KIM harus mampu menjadi penerjemah informasi bagi masyarakat terutama diera kebebasan infirmasi ini. Saat ini berita Hoaks atau informasi yang bersifat negative begitu pesatnya berkembang,  ini tugas pokoknya KIM, bagaimana kita menangkal isu atau informasi ini menjadi informasi yang baik untuk masyarakat.

Usai kegiatan tersebut diadakan tanyajawab dan sumbangsih ide serta gagasan untuk dilaksanakan pada tahun 2018 kedepan. KIM harus mempunayai ide atau gagasan untuk mengembangkan kapasitas KIM kedepan. Dinas Kominfotik akan mengawal kegiaatan KIM kedepan. (Edy/Okta)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru