Ujian Berbasis Online

Beberapa hari lagi ujian Nasional akan segera dilaksanakan dari sebagain besar SMA maupun MA sederajat yang ada di kota-kota besar di Lombok NTB saat ini melaksanakan ujian nasional tidak berbeda dengan tahun lalu. Hanya saja Pemerintah dan Kebudayaan menambahkan sedikit aturan baru yaitu dengan melaksanakan ujian nasional secara online di beberapa sekolah.

Jika dilihat dari segi kemampuan dan keadaan yang ada di lapangan saat ini dengan mengetahui bahwa ujian nasional yang akan di laksanakan menggunakan sistem online tersebut tidaklah tepat. Sebenarnya ide pemerintah dalam mengadakan ujian nasional sangatlah bagus tetapi dengan melihat keadaan di lapangan akan sangat menimbulkan banyak masalah. Seperti misalan kurangnya tenaga ataupun kurangnya pengetahuan dari para ahli di sekolah tentang computer tersebut. Lantas itu akan membuat siswa akan merasa kerepotan bahkan akan kesulitan dan merasa terganggu dalam mengerjakan soal karena mereka tidak akan tahu dimana mereka akan bertanya jika ada yang mereka tidak ketahui.

            Jika pelaksanaan ujian online ini akan tetap dilaksanakan maka akan banyak mengalami kesulitan bagi siswanya karena ketiadaan fasilitas computer dan kelambatan akses internet. Contoh jika dalam satu sekolah terdapat 200 siswa maka semuanya harus menggunakan computer satu orang satu computer jika tidak seperti itu, tidak mungkin siswa akan menggunakan computer satu dan saling gentian karena akan menimbulkan kesulitan dan proses ujian online pun akan berjalan cukup lama. Dan itu akan menimbulkan keresahan siswa maupun guru.

Dengan siswa bergantian mengerjakan ujian menggunakan computer satu saja akan banyak menimbulkan kecurangan. Walaupun kecurangan ini akan tetap terjadi lantas apa gunanya ujian nasional dilaksanakan jika tetap menghambur hamburkan uang Negara jika pelaksanaan ujian tidak berjalan sesuai dengan keinginan yang di rencanakan pemerintah sebelumnya. 

Seharusnya jika pemerintah akan melaksanakan ujian nasional secara online harusnya pemerintah harus menyediakan fasilitas yang akan memenuhi kebutuhan siswa yang nantinya tidak akan menimbulkan kesalahan yang akan membuat siswa merasa bingung. Pemerintah pun perlu mengadakan sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah agar siswa faham sebelum hari ujian nasional di laksanakan sehingga kesannya tidak terburu-buru karena mereka sebelumnya sudah mengenal apa itu computer jika memang ada siswa yang belum mengerti apa itu computer. Karena tidak semua orang faham betul bagaimana mengakses isnternet dengan baik.

Pemerintahpun harus menyediakan fasilitas yang akan memenuhi kebutuhan siswa dalam melaksanakan ujian nasional yang sistemnya secara online. Dengan pemerintah menyediakan computer sebanyak mahasiswa sehingga mahasiswa tidak merasa cemas dalam melaksanakan ujian dengan bergantian menggunakan computer jika computer tidak sebanyak siswa membutuhkannya. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru