Maulid dan Politik Ibu Kota

Kelahiran Rasulullah SAW kedunia Ini adalah bukan Semata-mata Terlahir sebagai sebuah siklus hidup manusia melainkan merupakan suatu yang sengaja di atur dan di rencanakan oleh allah SWT, dari hasil pengamatan sejarah terhadap peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW, para ulama’ bersepakat atau melakukan yurisprudensi dan menetapkan setiap tanggal 12 Rabi’ul Awal adalah hari kelahiran Peradaban Islam, Khususnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sholahuddin Al Ayubi melakukan sebuah perayaan dengan cara melombakan pembacaan sya’ir-sya’ir dan shalawat-shalawat kepada Nabi Muhammad SAW beberapa Abad Setelah Wafatnya Beliau, Kepada para pemenangnya diberikan penghargaan berupa Hadiah-hadiah sebagai bentuk kesyukuran khalifah atas Kelahiran nabi Muhammad SAW,dan terus diabadikan Hingga saat sekarang ini, setting sejarah ini terus berkembang dan menjadi ikon peradaban di Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia.

Pengantar diatas telah memberikan sebuah signal dengan muatan listrik yang maha kuat dari negeri asal islam Tanah Kelahiran beliau SAW yaitu Arab Saudi (Kota Makkah Almukarromah), Kelahiran yang mulia ini secara sepintas terlihat sama seperti kelahiran-kelahiran semua ummat manusia namun apabila di kaji lebih mendalam dengan dekontruksi sejarah dari Alqu’an, ada beberapa peristiwa yang menjadi catatan diantaranya adalah :

  1. : “Dan (Ingatlah) ketika ‘Îsâ Ibnu Maryam berkata, ‘ Hai Banî Isrâîl, Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian, membenarkan Kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang bernama Ahmad.’ Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, ‘Ini adalah sihir yang nyata.’.” (QS As-Shaff : 6)

Surat As-shaf menjelaskan Kepada Ummat Islam tentang kedatangan seorang Rasul setelahnya yang akan menjadi pelanjut risalah-risalah kenabian yang dibawa oleh nabi-nabi terdahulu, penggalan ini merupak sebuah upaya sistematis yang sengaja didramatisir oleh sebuah system yang bukan tidak memiliki maksid dan tujuan namun jelas hal tersebut merupaka suatu bukti bahwa kelahiran Beliau SAW sangat bermakna.

  1. Apakah kamu tidak memperhatikan pasukan bergajah, yang dijadikan allah, dengan tipu daya mereka merupakan suatu kesia-siaan? Dan allah mengutus burung untuk melempari mereka dengan batu yang menyala dan kami jadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan ulat.

Surah Ini turun setelah baginda Muhammad berusia lebih 40 tahun di Makkah, oleh Mufassir dan ulama sejarah telah menetapkan bahwa kandungan maknanya adalah penjelasan alqur’an kepada kaum muslimin, suatu peristiwa penghancuran ka’bah yang berakhir tragis dan sia-sia dan kejadian ini menjadi titik awal kehancuran peradaban Jahiliyah karena kejadian inilah yang menjadi titik awal klelahiran Nabi Muhammad SAW.

Sebagai kesimpulan Bahwa Arti penting Kelahiran nabi Muhammad SAW dan Rentetan sejarah diawal Bulan Rabi’ul Awal di Indonesia bisa saja mendekati makna dan hikmah kedua ayat tadi namun tetap kita berharap jangan ada penafsiran yang keliru dengan tujuan dibohongi atau memecah belah apalagi menjadikan seseorang sebagi tertuduh.

Allahu’alam bisshowab () -03

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru