Manusia-Manusia Bertopeng

KM. POKER_Perkembangan jaman membuat manusia menjadi jauh berbeda dengan apa yang terlihat dan yang nampak di wajahnya. Tampak luarnya tidak menyamakan hati dan fikirannya. Seorang pejabat terlihat tampan dan rapi pada penampilannya. Kerapian dan ketampanan pada diriya tidak membuat jiwa dan etikanya serapi dan setampan penampilannya. Seorang pedagang asongan dipersimpang-persimpangan jalan terlihat lusuh dan kumel. Mereka lebih jujur dan lebih ikhlas dibandingkan dengan sang pejabat yang rapi. 

Diantara kita yang tidak pernah kita sadari, banyak manusia-manusia bertopeng menghampiri kita setiap harinya. Manusia-manusia bertopeng berkeliaran di kota dan di desa, di pasar-pasar dan pertokoan, di majlis dan pengajian, di kebun dan perkantoran, dan disetiap tempat-tempat persinggahan manusia. Mereka berkeliaran menebar kalimat-kalimat indah diantara kita semua untuk mengadu domba dan menghancurkan kekejujuran. Mereka berkeliaran untuk meruntuhkan persatuan yang solid. Dan mereka berkeliaran menebar fitnah dan senang akan pertumpahan darah.

Manusia yang jujur akan berwiba dalam bahasanya tanpa harus membuat-buat cerita. Mereka tak perlu mengoles suaranya dengan madu agar terdengar manis untuk membuai pendengarnya. Mereka mengatakan apa adanya tanpa mengharap gini-gono dari pendengarnya. Manusia-manusia bertopeng akan lebih vocal dalam merangkai kalimatnya. Terdengar licin dan menjanjikan bahasa dan tuturnya, namun lidah dan kenyataan tidak sesejuk embun dimusim penghujan. Rangkaian-rangkaian kalimat yang diucapkan tak luput dari harapan agar para pendengar terkesima dan terbuai oleh bualannya.

Manusi-manusia bertopeng berkeliaran dibalik mengenakan topeng-topengnya. Lain dimulut lain dihati itulah ucapannya. Mereka berkeliaran menebar senyum dendam, tawa kebencian dan teriakan kesombongan. Dibalik topeng-topeng yang mereka kenakan tersimpan keserakahan. Mereka berkeliaran mencari mangsa disetiap sudut waktu dan tempat yang diinginkan. Mereka datang untuk menindas yang lemah. Mereka mendekat untuk menghancurkan kejujuran. Mereka menghampiri untuk menawarkan dendam dan menawarkan perang serta kehancuran.

Salam KM. POKER  untuk segenap kampung. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru