Indahnya Kebersamaan

IGHY adalah merupakan singkatan dari Ikatan Guru Honor Yayasan yang di bentuk oleh sekelompok dewan guru mulai dari guru TK, MI, MTs dan MA yang berada dibawah naungan Yayasan Al-Ilham NW Selusuh Desa Masmas Kecamatan Batukliang Utara. Kelompok ini dibentuk Atas dasar persamaan nasib sepenanggungan, baik soal ekonomi maupun tanggung jawab mereka dalam hal memajukan Pondok Pesantren tempat mereka mengabdi.
Komunitas ini didirikan pada tahun 2010 dengan beberapa tujuan yang antara lain : 1). Untuk menjadi media silaturrahmi, 2). Untuk menjadi media tempat mereka berdiskusi dan berfikir soal bagaimana upaya–upaya untuk memajukan Pondok Pesantren juga upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menopang kegiatan ekonomi individu masing-masing secara bersama, sehingga mereka tidak berfikir bagaimana dihidupkan oleh Yayasan tapi justru bagaimana menghidupkan Yayasan.
Dalam kerangka memajukan Pondok Pesantren, berbagai upaya dan rencana sudah dirumuskan bersama, tapi karena mereka rata-rata bukan bagian dari penentu kebijakan Yayasan, Maka banyak dari rencana dan program-program tersebut yang hanya sampai pada tataran rencana saja. Tapi dalam hal upaya peningkatan ekonomi anggota, sudah banyak hal yang sudah dicapai dan dilakukan.
Diantara kegiatan ekonomi yang sudah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi anggota, Kelompok ini sudah melakukan iuran setiap bulan masing-masing 10 ribu dan dari uang iuran tersebut dipakai menjadi modal pengembangan sapi dan hingga saat ini mereka sudah memiliki 6 ekor sapi, 10 pohon mahuni dan sekitar 100 pohon elar yang Insyallah  2 atau 3 tahun lagi sudah bisa dipanen.
Sebagai rasa syukur atas capaian yang sudah dicapai, maka dalam bulan puasa ini, IGHY akan melakukan pemotongan 1 ekor sapi untuk dibagi-bagikan ke anggota. Dan sebagai upaya kreatif berikutnya dalam hal upaya peningkatan ekonomi anggota, maka sejak pertemuan bulanan kemarin yang jatuh pada tanggal 2 juni yang bertempat dirumah salah seorang anggotanya yaitu Ust. Zaenuddin di Dusun Selusuh Desa Masmas, disepakati untuk menaikkan uang iuran  yang dikemas dalam bentuk arisan sebesar masing-masing Rp. 50.000/Orang dan kepada anggota yang dapat, akan menyerahkan menjadi kas kelompok sebesar 200.000, dan anggota yang dapat sekaligus menjadi tempat kegiatan pada bulan berikutnya.
Penting menjadi catatan kita bersama, bahwa usaha kecil yang dilakukan secara bersama akan menjadi hal yang mampu berdampak besar pada orang banyak, seperti yang dilakukan oleh anggota IGHY yang hanya melakukan iuran 10/orang/bulan bisa menjadi beberapa ekor sapi dan beberapa batang pohon yang sudah tentu prospeknya kedepan sangat menjanjikan, sehingga tidak salah kalau kemudian upaya dan ikhtiar sekaligus kebersamaan yang sudah dilakukan oleh IGHY akan di duplikasi secara massal oleh semua kita yang merasa senasib sepenanggungan baik dalam hal ekonomi maupun dalam hal perjuangan lainnya.[] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru