Bulan Ramadhan Membawa Berkah.

KM LENGGE,- Memasuki bulan Ramadhan, penjualan buah kelapa muda untuk menu berbuka puasa atau membuat es kelapa meningkat. Hal ini dialami oleh para pedagang jagung bakar dan buah kelapa muda di sepanjang jalan lintas Panda kecamatan palibelo sepekan terakhir ini.

Penjual buah kelapa muda asal desa Panda, Maesyarah (42) mengaku bahwa, memasuki bulan Ramadhan, penjaualan awal hanya 10 sampai 15 buah, maka setiap hari sampai dengan sepekan terakhir makin meningkat. Rata-rata pembeli berasal dari Kota Bima atau Kabupaten Bima. “ Biasanya sore-sore warga kota Bima yang jalan-jalan untuk menunggu buka puasa langsung datang membeli 2 atau 3 buah kelapa setiap hari”, ujar Sarah.

Sebelum bulan Ramadhan biasa disediakan 5 sampai 10 buah kelapa untuk dijual, dan yang terjual 4 sampai 5 buah, tetapi semenjak bulan Ramadhan penjualan meningkat dalam sehari bisa terjual hingga 10 buah biji kelapa muda.

Akibat tingginya permintaan konsumen akan buah kelapa, maka Maesyarah dan sejumlah penjual buah kelapa lainya harus memasok buah kelapa dari tempat lain selain di desa Panda. Sebagian buah kelapa dibeli langsung dikebun kelapa di desa Panda dengan harga Rp. 3-4 ribu rupiah perbiji dan kita jual Rp. 7.5 ribu rupiah perbuah kelapa muda.

“ Kita biasa mengambil kelapa 20-25 perbiji buah kelapa dalam sehari dengan harga Rp. 3 ribu rupiah dan kita jual Rp. 7.500 rupiah berbuha kepada pelanggan, itu termasuk sudah kita hitung dengan ongkos angkut kelapa mas,” ujar Sarah.

Maesyarah dan sejumlah penjual lainya merasa bersyukur dengan datangnya bulan ramadhan, dalam sehari dibulan Ramadhan, Sarah bisa meraup keuntungan bersih Rp. 300 ribu rupiah hingga Rp. 400 ribu rupiah.

Pedagang lainya, Sarina warga desa Panda kecamatan Palibelo, mengaku memang omset penjulan kelapa di bulan Ramadhan meningkat dibanding hari-hari bisa. Bisa buah kelapa muda terjual 5 atau 6 buha dalam sehari, namun sejak memasuki bulan puasa, peminat buah kelapa muda meningkat, rata-rata semua pedang seperti itu.

Kita bisa membeli kelapa muda di kebun-kebun petani kelapa di sekita desa Panda. Tapi ketika permintaan banyak, kita biasanya membeli diluar desa Panda misalnya di desa Karumbu atau Rupe kecamatan Langgudu. "Kalau pembeli banyak pasti stok kita cepat habis pak, maka alternatifnya kita ambil diluar desa Panda, misalnya di desa Karumbu kecamatan Langgudu,"pungkas Sarina.

"Berkah Ramdhan ini semoga tetap banyak pembeli dan stabil hargannya sampai lebaran nanti. Keuntungan dari penjualan di bulan Ramadhan ini untuk keperluan menambah modal usaha, kebutuhan rumah tangga, sekolah anak, nabung dan persiapan Idul Fitri," ujar Maesyarah, Sarina dan di Amini pedagang laiinya. (Efan) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru