Keutamaan Bulan Ramadhan

KM. Sukamulia - Bulan Ramadhan adalah penghulu segala bulan. Pada bulan ini-lah Allah SWT menurunkan rahmat, kasih sayang, dan memberikan ampunannya kepada manusia yang beriman dan bertakwa kepada-Nya. Untuk itulah Allah SWT mewajibkan orang-orang beriman untuk berpuasa pada bulan yang mulia ini. Perlu diketahui bahwa sesungguhnya Bulan Ramadhan memiliki beberapa kautamaan, yaitu antara lain:

1. Ramadahan bulan diturunkannya Al-Qur’an

Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman yang artinya : "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (QS. Al-Baqarah: 185).

Pada setiap bulan Ramadhan pula Rasulullah SAW selalu bertadarus (berinteraksi) dengan Al-Quran dengan Jibril as, sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas r.a (HR. Bukhari). Maka, pada bulan Ramadhan ini kita galakkan untuk memperbanyak amalan ibadah dengan membaca, memahami dan maknanya, menghafal dan mempelajarinya, serta mengamalkannya.

2. Ramadhan Bulan Keberkahan

Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Rasulullah SAW bersabda yang artinya "Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian" (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

Setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Rasulullah saw bersabda yang artinya "Setiap amal yang dilakukan oleh anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat bahkan sampai tujuh ratus kali lipat.

Allah SWT berfirman "Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Karena sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku" (HR. Muslim).

3. Ramadhan Bulan Pengampunan

Allah Ta'ala menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi SAW bersabda yang artinya ”Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi” (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah SWT menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya : "Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian marilah kita perbanyak ibadah kita pada bulan yang penuh barokah dan pengampunan ini, banyak-banyaklah kita membaca istigfar dengan harapan supaya Allah SWT memberikan barokah dan ampunannya kepada kita sekalian sebab tidak dipungkiri bahwa kita semua tidak terlepas dari khilaf dan lupa.

4. Pada Bulan Ramadhan Pintu Syurga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup Serta Setan-Setan Dibelenggu

Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta'ala telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan. Syetan pun tidak diberi kesempatan untuk mengoda dan menyesatkan manusia atau dengan kata lain setan-setan dibelenggu. Namun perlu diingat bahwa perkataan “Setan Dibelenggu” adalah sebuah istilah atau perumpamaan yang secara maknawiyah memberikan penjelasan kepada kita bahwa pada bulan suci Ramadhan, Allah mempersulit setan untuk menggoda orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan baik dan apabila seseorang tidak melaksanakan puasa Ramadhan dengan baik maka setan akan tetap memperdaya mereka karena sesungguhnya setan itu tidak pernah tinggal diam untuk menjerumuskan manusia ke dalam lubang ke sesatan supaya mereka mempunyai teman di dalam neraka.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya "Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syetan-syetan pun dibelenggu" (HR. Bukhari dan Muslim). Maka pada bulan ini kita anjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnat dan amal shalih agar kita dapat kembali kepada fitrah kita masing-masing dan tentunya supaya kita mendapatkan nikmat syurga.

5. Bulan Ramadhan adalah Salah Satu Waktu Dikabulkannya Setiap Doa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan” (HR. Al Bazaar). Mengacu dari hadits ini maka marilah kita tingkatkan ibadah kita sekalian dan banyak-banyaklah kita memohon kepada Allah SWT sebab Allah SWT telah berjanji akan mengabulkan doa hambanya yang diucapkan dengan penuh harap dan tentunya kita harus benar-benar taat kepada Allah supaya Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan kita.

Mengingat berbagai keutamaan Bulan Ramadhan yang telah terpapar di atas, maka sangat disayangkan saat tamu yang mulia ini (Ramadhan) datang kepada kita namun kita membiarkannya berlalu begitu saja, tanpa ada usaha maksimal untuk meraih kemuliaan yang dibawanya. Dengan demikian, penulis mengajak diri penulis sendiri dan kita sekalian supaya menyambut kedatangan bulan yang mulia ini dengan melakukan berbagai ibadah wajib dan sunnah, serta amal shalih lainnya selama berlangsungnya bulan Ramadhan tahun ini dan tentunya supaya itu semua dapat kita laksanakan pada bulan-bulan berikutnya sebagai bukti bahwa kita adalah orang-orang yang berhasil menyambut kedatangan tamu yang mulia ini. Semoga Ramadhan tahun ini akan lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya dan Ramadhan yang akan datang lebih baik pula dari Ramadhan tahun ini.

Ahirnya, marilah kita sama-sama berdoa, semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk dapat melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Semoga pula Allah SWT memberikan kita nikmat kesehatan dan keafitan supaya kita dapat melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah sunnah lainnya sepanjang bulan yang mulia ini, aamiin...aamiin ya robbal alamin... (Diambil dari Berbagai Sumber)

_By. Asri The Gila_ [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru