Jerangjang Termasuk Tanaman Langka


KM. Pohgading Timur. Spinifex littoreus ini tanaman yang sangat langka kita temukan di daerah Lombok Timur saking kelangkaan tanaman ini kita hanya dapat menemukanya di beberapa daerah terpencil yang ada di Lombok Timur, seperti di Dusun sukamulia ini tanaman ini banyak di temukan dan Spinifex littoreus ini sering dinamakan JERANGJANG oleh warga Sukamulia dinamakan seperti itu karena Spinifex littoreus  tumbuh di daerah yg kering seperti di pantai kerakat yang berada di dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur serta tumbuhan ini dicirikan oleh organ generatifnya yang berbentuk seperti landak tetapi ringan, sehingga apabila terlepas dari tumbuhan induk akan berkeliaran tertiup angin pantai.  

Spinifex littoreus menghiasi sepanjang pantai kerakat di dusun sukamulia dari pantai Telindung yang berada di desa Aik Dalem sampai perbatasan pantai ketapang tanaman. Mungkin hanya di daerah ini saja tempat tumbuhan ini brada karna setelah saya berkeliling di daerah Lombok dari pantai ke pantai yang lain sudah tidak ada lagi tumbuhan ini mungkin di pantai-pantai yang lain durunya ada tanaman ini namun karena sudah tidak diperhatikan lagi oleh pemerintah makanya tanaman ini digantikan dengan tanaman-tanaman yang lain bahkan dirusak sebai jalan. Sebenarnya tanaman ini sangatlah indah walau tanaman ini cuman jenis rumput tapi rumput ini tidak bisa tumbuh juga di lahan para petani karena lahan pertanian bukan habitat tnaman ini melainkan di daerah yang kering.

Setidaknya tanaman ini harus dilestarikan agar tidak meninggalkan gambar dan nama saja karena tanama ini saya kira tanaman yang sangat langka kita temukan di daerah yang lain walau penyebarannya begitu cepat di darah-daerah yang memiliki pantai seperti di pantai Pondok Kerakat ini. Memnag dahulunya tanaman ini banyak juga ditemukan sepanjang panta yang ada di pulau Lombok ini akan tetapi sekarang tanam ini hanya ditemukan di darah panta Pondok Kerakat di dusun Sukamulia Desa Pohgadin Timur. [] - 01

By: Badri Asa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru