SDA Melimpah, Rakyat Masih Miskin

Sembalun Online - Indonesia merupakan Negara yang kaya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Dari alamnya Indonesia dikenal dengan Negara agraris dan maritime, dikatakan sebagai Negara agraris karena alam Indonesia yang sangat subur sehingga sebagian besar penduduknya adalah petani, sedangkan dikatakan sebagai Negara maritime karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari laut yang kaya. Selain dari kekayaan alam, Indonesia juga kaya akan manusia karena perkembangan penduduk yang pesat menyebabkan jumlah penduduk yang padat. Dengan adanya penduduk yang padat, maka Indonesia memiliki jumlah tenaga kerja yang banyak hal ini menyatakan bahwa Indonesia selain kaya akan alam, Indonesia juga kaya akan tenaga kerja.

Dari kekayaan alam Indonesia seharusnya akan membuat penduduknya menjadi kaya juga, namun pada kenyataannya alam tersebut seakan tidak berguna bagi penduduk Indonesia, Indonesia masih dihadapkan pada berbagai macam permasalah yang sangat komplit seperti kemiskinan, perkembangan penduduk lebih cepat dari lapangan pekerjaan yang tersedia dan lain sebagainya sehingga taraf perekonomian penduduk Indonesia yaitu taraf perekonomian menengah kebawah. Dari semua itu, Indonesia masih menyandang nama Negara sedang berkembang

Bagi Negara yang sedang berkembang, faktor yang menyebabkan rendahnya standar hidup, tingginya angka pengangguran, dan munculny masalah ketidak merataan pendapata adalah karena tingginya ketimpangan diberbagai bidang antara Negara maju dan Negara berkembang, hal tersebut adalah sebagai prasyarat dalam memberikan bantuan luar negeri maupun menyalurkan modal swasta.

Kabupaten Lombok Timur misalnya sebuah kabupaten yang dapat dikategorikan kabupaten yang padat denganjumlah penduduk berdasarkan hasil Sensus Penduduk tahun 2010 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur mencapai 1.105.671 jiwa, yang terdiri dari pria 514.327 jiwa dan wanita 591.344 jiwa. Sedangkan persentase penduduk untuk 15 tahun ke atas yang bekerja menurut lapangan pekerjaan seperti bidang pertanian (48,80%), bidang industri pengolahan (13,46%), untuk usaha perdagangan sebesar 17,15%, untuk bidang jasa-jasa (8,71%), bidang kontruksi (2,80%), angkatan dan komunikasi (6,05%) dan lain-lainnya sebesar 3,03%. Dari data diatas terlihat bahwa mayoritas terbesar mata pencaharian penduduk Lombok Timur adalah petani. Dari fakta tersebut menyatakan bahwa Indonesia memiliki permasalahan yang sangat komplit,  untuk mengatasi semua permasalahan tersebut diperlukan adanya peningaktan  pendidikan yaitu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan nasional, dan sesuai dengan karakter dan kondisi wilayah Indonesia.

Berbagai macam program yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan taraf perekonomian penduduk seperti menggalakkan usaha kecil menengah (UKM), memberikan bantuan dana bagi petani, nelayan dan lain sebagainya. Selain itu, tidak hanya pemerintah yang membentuk program-program tersebut, akan tetapi lembaga-lembaga lainnya juga mengadakan berbagai macam program dengan tujuan yang sama. *sahabul.aowalin* [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru