7 Surat Al-Qur’an dan Keutamaan-nya

KM. Sukamulia-Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab yang paling lengkap di dunia, dimana Al-Quran memberikan petunjuk dalam persoalan-persoalan akidah, syariah, dan akhlak, serta menjelaskan berbagai kisah-kisah orang-orang terdahulu dengan jalan meletakkan dasar-dasar prinsip mengenai persoalan-persoalan tersebut. Allah SWT menugaskan Rasul SAW, untuk memberikan keterangan yang lengkap mengenai dasar-dasar itu. Allah berfirman: Kami telah turunkan kepadamu Al-Dzikr (Al-Quran) untuk kamu terangkan kepada manusia apa-apa yang diturunkan kepada mereka agar mereka berpikir (QS 16:44).

Dengan demikian diketahui bahwa tujuan pokok dari diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai:
Petunjuk akidah dan kepercayaan yang harus dianut oleh manusia yang tersimpul dalam keimanan akan keesaan Tuhan dan kepercayaan akan kepastian adanya hari pembalasan, petunjuk mengenai akhlak yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma keagamaan dan susila yang harus diikuti oleh manusia dalam kehidupannya secara individual atau kolektif, dan petunjuk mengenal syariat dan hukum dengan jalan menerangkan dasar-dasar hukum yang harus diikuti oleh manusia dalam hubungannya dengan Tuhan dan sesamanya. Atau dengan kata lain yang lebih singkat, "Al-Quran adalah petunjuk bagi seluruh manusia ke jalan yang harus ditempuh demi kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat."

Al-Quran Al-Karim yang terdiri dari 30 Juz dengan 114 surat dan susunannya ditentukan oleh Allah SWT dengan cara tawqifi, tidak menggunakan metode sebagaimana metode-metode penyusunan buku-buku ilmiah. Buku-buku ilmiah yang membahas satu masalah, selalu menggunakan satu metode tertentu dan dibagi dalam bab-bab dan pasal-pasal. Metode ini tidak terdapat di dalam Al-Quran Al-Karim, yang di dalamnya banyak persoalan induk silih-berganti diterangkan. Tujuan Al-Quran juga berbeda dengan tujuan kitab-kitab ilmiah.

Allah turunkan Al-Qur’an bagi kita sekalian supaya menjadi petunjuk agar kita bisa membedakan mana yang baik/hak dan mana yang buruk/batil. Dan sesungguhnya Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang paling mulia dari dunia hingga akhirat.

Perlu diketahui bahwa seluruh surat ataupun ayat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan atau kandungan yang luar biasa. Namun sebagai renungan dan semoga surat-surat itu bisa menjadi amalan dalam kehidupan kita, maka pada edisi kali ini kami menuangkan beberapa surat Al-Qur’an yg memiliki keutamaan luar biasa, diantaranya adalah:

1. Suratul Al-Fatihah: Rasulullah saw. berkata kepadaku, "Mahukah aku ajarkan kepadamu surat yang paling agung dalam Al Qur'an, sebelum kamu keluar dari masjid?" Lalu beliau memegang tanganku, dan ketika kami hendak keluar aku bertanya, "Ya Rasulullah, engkau berkata bahwa engkau akan mengajarkanku surat yang palin agung dalam Al Qur'an?" beliau menjawab, "Alhamdulillahirabbil'alamiin (Al Faatihah), ia adalah tujuh ayat yang dibaca pada setiap shalat, ia adalah Al Qur'an yang agung yang diberikan kepadaku." (Diriwayatkan oleh Bukhari).

2. Surat Al-Baqarah: Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Janganlah
kau jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya setan
akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surat Al Baqarah." Dan Dari Abi Mas'ud Al Badri ra. dari Rasulullah saw. beliau bersabda, "Barang siapa membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada waktu malam niscaya ia (Allah) akan mencukupinya." (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

3. Ayat Kursi: Dari Ubai bin Ka'ab ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda,
"Wahai Abu Munzir, tahukah engkau ayat manakah dalam  Al Qur'an yang paling agung menurutmu?" Aku menjawab, "Allahu laailaaha illa huwalhayyul qoyyuum (ayat kursi)", lalu beliau menepuk dadaku dan bersabda, "Semoga Allah memudahkan ilmu bagimu wahai Abu Munzir." (Diriwayatkan oleh Muslim)

4. Suat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan Annas: Dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah saw bersabda apabila akan berangkat tidur tiap-tiap malam beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya kemudian meniupkannya seraya membaca surat Al Ikhlash, Al Falaq dan An-Naas. Kemudian beliau mengusapkannya ke seluruh tubuhnya (sebatas yang bisa) dimulai dari kepala lalu muka kemudian bagian depan dari badan. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali. Dan Abdullah bin Yusuf bercerita kepada kami, Malik bercerita kepada kami dari Ibnu Syihab, dari 'Urwah, dari 'Aisyah ra.: Bahwa Rasulullah saw pernah bersabda bila merasa sakit beliau membaca sendiri 'Al-Mu'awwizaat' (Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas) kemudian meniupkannya. Dan apabila rasa sakitnya bertambah aku yang membacanya kemudian aku usapkan ke tangannya mengharap keberkahan darinya. (Diriwayatkan oleh Bukhari).

5. Surat At-taqwir, Al-Infithaar, dan Al-Insyyiqaq: Dari Ibnu Umar ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang suka untuk melihat aku di hari kiamat dengan sebenar-benar penglihatan, maka bacalah surat At-Takwiir, Al Infithaar dan Al insyiqaq." (Diriwayatkan oleh Ahmad, Tirmizi dan Hakim).

6. Surat Al-Mulk: Dari Ibnu Mas'ud ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Surat Tabarak (Al Mulk) adalah penjaga dari azab kubur." (Diriwayatkan oleh Hakim dan Abu Na'im, Hadis di atas sahih)

7. Surat Al-Kahfi: Dari Abi Darda' ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka akan terjaga dari dajal." Dalam riwayat yang lain: "...sepuluhayat terakhir..."(Diriwayatkan oleh Muslim) dan Dari Abi Said Al Khudri ra. berkata, bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at akan diterangi cahaya antara dua Jum'at."(Diriwayatkan oleh Hakim dan Baihaqi, Hadis di atas sahih)

Demikianlah surat-surat yang memiliki keutamaan yang sangat besar, semoga bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan diahir tulisan ini kami tuangkan beribu harapan semoga kita semua selalu mendapat cahaya Al-Qur’an dan mendapatkan syafaatnya kelak di hari kiamat… amin ya robbalalamin….

Dzazakumullahu khaeran kasiro Wassalamualaikum wr wb…. [] - 05

_By. Yusnan Hadi/Tingkat Umum_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru