Mitos Dipatahkan Dengan Kerja Keras

KM LENGGE WAWO,- Terminologi di  sejarah Piala Dunia bahwa Negara Eropa tidak akan bisa menjuarai Piala Dunia di Benua Amerika, dan Negara-negara di benua Amerika tidak bisa menjurai piala dunia di benua Eropa, akhirnya dipatahkan oleh Jerman, dengan menundukan Argentina di final Piala Dunia tahun 2014

Fakta sudah tujuh Piala Dunia diselenggarakan di Benua Amerika yaitu pada tahun 1930, 1950, 1962, 1970, 1978, 1986, dan 1994. Sejauh itu tim-tim yang keluar sebagai juara selalu tim dari benua Amerika yaitu Brasil tiga kali, Uruguay dan Argentina masing-masing dua kali. Hanya Brasil satu-satunya Negara yang bisa juara Piala Dunia di luar Benua Amerika yaitu di Swedia tahun 1958 dan Korea-Jepang 2002.

Sedangkan Spanyol adalah Negara Eropa satu-satunya yang bisa juara diluar Benua Eropa yaitu ketika merebut Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Germany memiliki raihan delapan kali sebagai finalis dan berhasil tiga kali juara. Sementara Argentina berhasil meraih lima kali sebagai finalis dengan raihan dua kali juara. Germany peraih 3 kali Juara Dunia yaitu tahun 1954, 1974 dan 1990 sedangkan Argentina peraih 2 kali yaitu pada tahun 1978 dan 1986. Terakhir mereka bertemu dalam final Piala Dunia tahun 1990 yang dimenangkan Germany melalui tendangan penalty Brehme.

Fakta sudah tujuh Piala Dunia diselenggarakan di Benua Amerika yaitu pada tahun 1930, 1950, 1962, 1970, 1978, 1986, dan 1994. Sejauh itu tim-tim yang keluar sebagai juara selalu tim dari benua Amerika yaitu Brasil tiga kali, Uruguay dan Argentina masing-masing dua kali. Hanya Brasil satu-satunya Negara yang bisa juara Piala Dunia di luar Benua Amerika yaitu di Swedia tahun 1958 dan Korea-Jepang 2002. Sedangkan Spanyol adalah Negara Eropa satu-satunya yang bisa juara diluar Benua Eropa yaitu ketika merebut Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Germany memiliki raihan delapan kali sebagai finalis dan berhasil tiga kali juara. Sementara Argentina berhasil meraih lima kali sebagai finalis dengan raihan dua kali juara. Germany peraih 3 kali Juara Dunia yaitu tahun 1954, 1974 dan 1990 sedangkan Argentina peraih 2 kali yaitu pada tahun 1978 dan 1986. Terakhir mereka bertemu dalam final Piala Dunia tahun 1990 yang dimenangkan Germany melalui tendangan penalty Brehme.

Permainna sepak bola tidak bisa kita prediksi bagaimana permainan di lapangan, karena sepak bola adalah sebuah permainan mengadu strategi dan kelihaian pemain mengolah sikulit bundar. Dibutuhkan latihan yang keras dan waktu yang lama untuk menjadi klub atau negara hebat seperti Jerman mendidik pemainnya sejak usia dini.

Akhirnya mitos kegagalan negara-negara Eropa menjuarai piala dunia di benua Amerika terpahkankan oleh Jerman. Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau yang mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya.

Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas (Sumber:Wikipedia, 2014).  

Mitos hanyalah sebuah anggapan atau kejadian yang belum tentu benar, karena denga kerja keras, disiplin yang tinggi, kemauan dan strategi yang baik serta pembuktian yang nyata apapun yang akan kita lakukan akan bisa tercapai.

Dan satu lagi dari catatan penting yang bisa kita petik dalam Eforia Piala Dunia adalah, SPORTIFITAS.....YA sportifitas didalam lapangan atau diluarlapangan perlu kita terapkan dalam hidup ini.( Efan)  - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru