Etika dan Hukum Masyarakat.

Etika dan hukum merupakan  aturan-aturan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat sehingga dengan adanya aturan etika dan hukum akan menyelaraskan norma - norma yang tumbuh dan hidup di tengah masyarakat.

Hukum adalah sistem yang terpenting didalam pelaksanaan rangkaian kekuasaan kelembagaan, dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dibidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan tindakan. Sebagai perantara utama dalam hubungan antar masyarakat terhadap kriminalisasi  dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum dan perlindungan hak asasi manusia.

Etika terbentuk dari aturan pertimbagan yang tinggi, yaitu benar vs tidak benar dan pantas vs tidak pantas. Prilaku dan tindakan aparat birokrasi  dalam melakanakan fungsi dan kerjanya, apakah ia menyimpang dari aturan dan ketentuan atau tidak, untuk itu perlu atauran yang tegas dan nyata sebab bicara tentang etika biasanya tidak tertulis dan sanksinya berupa sangksi sosial  yang situasional dan kondisional tergantung tradisi dan kebiasaan masyarakat tersebut, maka dituntut adanya payung hukum.

Etika profesi merupakan suatu tantanan etika yang telah disepakati  oleh suatu kelompok masyarakat tertentu, etika temasuk dalam norma-norma sosial yang berlaku, namun apabila ada etika memiliki sanksi yag berat maka masuk dalam katagori norma hukum, etika juga dapat di katagori sebagai pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan.

Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoamn prilaku tujuannya adalah memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabah dengan kode etik maka akan melindungi perbuatan – perbuatan yang tidak profisional.

Setiap profesi pasti mempunyai kode etik tersendiri  dan banyak yang mengalami kasus pelanggaran kode etik pada setiap profesi, seperti pelanggaran hukum di kepolisian, birokrasi dan lain-lain. Biasanya pelanggaran hukum diawali dengan adanya pelanggaran kode etik contohnya pelanggaran hukum yang sering menimpa pejabat pemerintah seperti kasus korupsi, karena kasus korupsi diawali dengan penerimaan suap, karena dalam aturan kode etik  yang diatur dalam undang-undang salah satu adalah tidak boleh menerima suap namun tidak sedikit dari pejabat yang  ternyata melakukan penghianatan mereka menerima suap demi menaikan jumlah kekayaannya sehingga seakan mereka lupa dengan tugas dan wewenang yang mereka pikul.

Semua bentuk pelanggaran hukum adalah kejahatan yang harus di basmi tanpa pandang bulu malaupun mereka pejabat yang mampu menyuap aparat karena harus kita sadari bahwa kekayaan mereka adalah uang rakyat, ketegasan aparat hukum sangat diperlukan agar generasi selanjutnya membagun negara ini dengan bersih dan jujur.[] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru