logoblog

Cari

Arong Arong Jaran, Icon Wisata Pondok Kerakat

Arong Arong Jaran, Icon Wisata Pondok Kerakat

KM. Sukamulia - Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Pondok Kerakat Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
23 Desember, 2019 11:13:24
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 6069 Kali

KM. Sukamulia - Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh Pokdarwis Pondok Kerakat Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya yang diselenggarakan sejak tahun 2018. Arong-Arong Jaran (Lomba Pacuan Kuda Tradisional) ini merupakan salah satu icon wisata Pantai Pondok Kerakat yang akan selalu dirindukan oleh petarung dan penggemar olahraga Pacuan Kuda.

Tahun 2018 lalu, Lomba Pacuan Kuda (Arong-Arong Jaran) Pondok Kerakat dilaksanakan sebagai rangkaian Gebiyar Pesona Wisata Pondok Kerakat. Even tersebut diikuti oleh Petarung se-Pulau Lombok. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari dan setiap harinya even tersebut mampu megumpulkan 2.000-an orang penonton.

Even Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat tersebut membuat Pantai Pondok Kerakat dikenal publik dan menjadikannya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. 

Menyerap banyaknya tuntutan penggemar olahraga Pacuan Kuda, maka Pokdarwis Pondok Kerakat mengemas Arong-Arong Jaran sebagai even tetap yang dirangkaikan dengan Even Budaya Tetulak Pesisi Desa Pohgading Timur yang diselenggarakan pada setiap ahir tahun.

Tahun 2019 ini, Pokdarwis Pondok Kerakat menyelenggarakan Arong-Arong Jaran se-Pulau Lombok, namun dalam kenyataannya even tersebut diikuti juga oleh peserta dari pulau Sumbawa. Dengan demikian, Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat 2019 merupakan Lomba Pacuan Kuda se-Nusa Tenggara Barat.

Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat 2019 dilaksanakan selama 9 hari (22 - 30 Desember 2019) yang diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari Lobar, Loteng, Lotim dan Alas (KSB).

Semua peserta berharap, bahkan menuntut penyelenggara (Pokdarwis Pondok Kerakat) untuk senantiasa menyelenggarakan even tersebut, bila perlu diadakan dua kali dalam setahun.

 

Baca Juga :


Di hari pertama (22/12/19), Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat mampu menyita perhatian 3.000-an orang penonton. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah tiket yang terjual. Belum lagi warga setempat yang tidak terdata (tidak membeli tiket).

Hal tersebut menunjukkan bahwa Arong-Arong Jaran (Pacuan Kuda) sangat digemari oleh banyak kalangan. 

Pondok Kerakat tidak akan seramai itu jika tidak ada even Arong-Arong Jaran. Dengan demikian, tidak dielakkan lagi bahwa Arong-Arong Jaran merupakan Icon Wisata Pantai Pondok Kerakat.

Semoga di tahun-tahun mendatang, Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat mampu membuat Pondok Kerakat menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Jangan lupa untuk mengikuti pertandingan para joki handal yang akan bertarung pada Even Arong-Arong Jaran Pondok Kerakat 2019 yang diselenggarakan hingga tanggal 30 Desember 2019. Ayo liburan ke tempat kami. Salam Pesona.
_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan