logoblog

Cari

Royal Sembahulun: Mewujudkan Pariwisata Lotim Yang Maju, Berdayasaing Dan Berkelanjutan

Royal Sembahulun: Mewujudkan Pariwisata Lotim Yang Maju, Berdayasaing Dan Berkelanjutan

KM. Sukamulia - Setelah resmi menjadi Bakal Calon Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim 2019-2022, masing-masing Balon diberikan waktu sama-sama 2 menit untuk

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
15 November, 2019 14:50:48
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 5729 Kali

KM. Sukamulia - Setelah resmi menjadi Bakal Calon Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim 2019-2022, masing-masing Balon diberikan waktu sama-sama 2 menit untuk menyampaikan visi dan misinya. Dari tiga orang kandidat Balon (Jaya Kusuma, Mirzoan Ilhamdi dan Royal Sembahulun), hanya Royal yang menyampaikan visi dan misinya dengan jelas. "Mewujudkan Pariwisata Lotim Yang Maju, Berdayasaing dan Berkelanjutan", itulah visi yang akan diwujudkan oleh saudara Royal Sembahulun jika terpilih nanti.

Agenda inti MUSDA I Asosiasi Pokdarwis Lotim  (14/11/19) adalah memilih Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim Periode 2019-2022. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 70 orang delegasi Pokdarwis dari seluruh wilayah Lotim. Pemilihan dimulai dengan penjaringan Bakal Calon. Dalam hal ini Yogi, Wendi dan Jamaludin memegang kendali sidang.

Dari 70 orang peserta yang hadir, 3 orang pemimpin sidang tidak diperbolehkan untuk menyumbangkan suara sehingga hanya 67 orang pesertalah yang berhak memberikan suara/hak pilihnya. Setelah semua peserta menyalurkan hak pilihnya, maka terjaringlah 5 orang Bakal Calon (Jaya Kusuma, Mirzoan Ilhamdi, Sareh Erwin, Jannatan Firdaus dan Royal Sembahulun).

Dua dari 5 orang Balon tadi (Sareh Erwin dan Jannatan Firdaus) tidak siap untuk melanjutkan ke ajang pemilihan selanjutnya alias tidak siap dicalonkan menjadi Ketua Asosiasi. Dengan demikian, Jaya Kusuma, Mirzoan Ilhamdi dan Royal Sembahulun lah yang akan dipilih menjadi Ketua Asosiasi.

Sebelum melakukan pemungutan suara, ketua sidang memberikan kesempatan kepada 3 orang calon ketua tadi untuk menyampaikan visi dan misinya. Masing-masing diberikan waktu 2 menit.

Pada kesempatan itu Jaya Kusuma menyampaikan gambaran umum pariwisata Lotim yang termat kaya akan destinasi. Menurut Jaya, destinasi wisata Lotim komplit, mulai dari pantai, pulau/gili, bukit, gunung, air terjun, sejarah dan budaya serta kuliner. Hingga  kesempatannya berbicara habis, Jaya tidak menyampaikan visi dan misinya dengan jelas. Ia hanya banyak bercerita mengenai perjuangannya memajukan pariwisata di wilayah Jerowaru dan sekitarnya.

Mirzoan Ilhamdi hanya berbicara 30 detik saja. Dalam kesempatan yang singkat itu, putra Masbagik itu hanuya menyampaikan ungkapan terimakasih kepada segenap peserta MUSDA, "Terimakasih untuk teman-teman semua. Teman-teman semua adalah pejuang, kami hanya refresentatif dari kalian semua. Tampa kalian kami tidak ada di sini", ungkap Ming tanpa sedikitpun menyampaikan visi dan misi.

 

Baca Juga :


Giliran Royal Sembahulun yang berbicara. Tanpa banyak prologh, Royal langsung saja menyampaikan visi dan misinya. "Visi saya Mewujudkan Pariwisata Lotim Yang Maju, Berdayasaing dan Berkelanjutan", ungkap Royal dengan gaya khasnya.

Selabjutnya, putra Sembalun itu menyampaikan misinya yang terdiri dari; 1) Meningkatkan SDM Pengurus dan Anggota Pokdarwis yang ada di seluruh wilayah Lombok Timur dan 2) Mengadvokasi semua Pokdarwis yang ada di wilayah Lombok Timur. Untuk mensukseskan visi dan misi itu, Royal berkomitmen akan menjalin kerjasama dan berusaha menyentuh semua Pokdarwis melalui program pemberdayaan dan semacamnya.

Al-hasil, setelah pemungutan dan perhitungan suara dilakukan, Royal menang telak atas dua orang rivalnya dalam pemilihan tersebut. Royal mendapatkan 42 suara, Mirjoan Ilhamdi mendapay 23 suara dan Jaya Kusuma hanya mendapatkan 2 suara. Dengan demikian Royal Sembahulun resmi didaulat sebagai Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim 2019-2022 oleh peserta MUSDA.

Usai sidang paripurna, selaku Ketua terpilih Royal diberikan waktu untuk menyampaikan sambutan. Di dalam sambutannya, pegiat pariwisata asal Sembalun itu menegaskan bahwa Asosiasi Pokdarwis Lotim bukanlah organisasi asal-asalan sehingga dalam penentuan apapun harus dilakukan melalui qorum sehingga Asosiasi Pokdarwis Lotim benar-benar milik bersama.

Setelah resmi didaulat sebagai Ketua Asosiasi Pokdarwis Lotim 2019-2022 maka Royal berkewajiban untuk menentukan kegiatan selanjutnya, baik penyusunan kepengurusan hingga perancangan, pelaksanaan serta mengevaluasi segenap program yang dicanangkan selama masa baktinya sesuai dengan visinya untuk Mewujudkan Pariwisata Lotim Yang Maju, Berdayasaing dan Berkelanjutan.

Selamat untuk saudara Royal Sembahulun dan segenap inisiator, panitia serta peserta MUSDA I Asosiasi Pokdarwis Lotim. Semoga momentum ini menjadi awal dari terealisasinya harapan baru segenap ketua dan anngota Pokdarwis yang tersebar di seluruh wilayah Lotim dan semoga pula ketua terpilih dapat menjalin komunikasi dan kemitraan yang baik dengan pemerintah, dinas terkait dan lembaga-lembaga yang bergerak dalam memajukan pariwisata nasional.
_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan