logoblog

Cari

Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Dan Teknologi

Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Dan Teknologi

Oleh: Suryani Kurniawati Perkembangan globalisasi diabad ke XXl sangat pesat dibandingkan abad-abad sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh pengaruhnya teknologi yang sangat

Opini/Artikel

Uba Leu
Oleh Uba Leu
05 November, 2019 07:32:52
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 935 Kali

Oleh: Suryani Kurniawati

Perkembangan globalisasi diabad ke XXl sangat pesat dibandingkan abad-abad sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh pengaruhnya teknologi yang sangat cepat. Sehingga komunikasi antar manusia dinegara-negara yang terpisah jauhpun dilakukan dangan praktis tanpa memerlukan waktu yang cukup lama. Percepatan perpindahan informasi ini kemudian juga mempercepat proses keterkaitan dan ketergantungan antar manusia didunia. Hubungan-hubungan langsung seperti jual beli secara online dengan menggunakan media jaringan internet, seperti telepon, fecebook maupun lain sebagainya. Hal ini sangat penting dalam menyebarkan globalisasi keseluruh dunia.

Globalisasi tidak dapat semata-mata diidentifikasikan sebagai proses instan yang terjadi di XXl, karena hubungan antar bangsa didunia telah terjadi sejak 2005 tahun yang lalu, dimana manusia melakukan perdagangan dengan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini berkembang cepat dengan munculnya mata uang, sehingga mereka tidak perlu dan bersusah payah untuk menyediakan barang yang ingin ditukarkan dengan barang yang mereka perlukan.
Seiring dengan semakin majunya jaman perdagangan dan interaksi negara-negara didunia, dari tercampurnya ide-ide dari dalam maupun luar dalam suatu negeri mengalami perkembangan yang cukup maju. Salah satu contoh teknologi diabad itu yang memiliki pengaruh besar adalah printing press, yaitu alat mencetak tinta ke sebuah medium seperti kertas dangan cara menekankan huruf-huruf yang diatur sedemikian rupa.

Secara garis besar globalisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah jaringan kerja yang meliputi seluruh bagian dunia. Globalisasi juga memunculkan sebuah rasa kepedulikan yang lebih erat sesama manusia. 
Ini ditandai dengan munculnya berbagai gerakan dan organisasi sosial yang 
tidak hanya terikat pada suatu negara, tetapi juga telah melewati batasan-batasan geografis, ekonomis, dan budaya.

 

Baca Juga :


Eksistensi bahasa asing di era globalisasi saat ini mulai mendesak keberadaan bahasa indonesia. Oleh karena itu, bahasa indonesia perlu dilestarikan. Perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk mempertahankan eksistensi bahasa indonesia sebagai jati diri bangsa indonesia. Upaya tersebut sangat diperlukan untuk mengatisipasi semakin terdesaknya bahasa indonesia oleh pengguna bahasa asing dan bahasa gaul.



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan