logoblog

Cari

Menjaga Kelestarian Penggunaan Bahasa Indonesia Di Kalangan Milenial

Menjaga Kelestarian Penggunaan  Bahasa Indonesia Di Kalangan Milenial

Oleh : Aini Alfiani Rahman Putri    Bahasa indonesia adalah jati diri sekaligus identitas bangsa indonesia. Bahasa indonesia memegang peranan penting

Opini/Artikel

Uba Leu
Oleh Uba Leu
04 November, 2019 15:35:51
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 663 Kali

Oleh : Aini Alfiani Rahman Putri
  
Bahasa indonesia adalah jati diri sekaligus identitas bangsa indonesia. Bahasa indonesia memegang peranan penting pada semua aspek kehidupan. Saat ini adalah generasi milenial, masa adanya peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media dan teknologi digital. 


Hal tersebut berdampak pada perkembangan bahasa indonesia, keadaan yang ada sekarang adalah fungsi bahasa indonesia mulai di gantikan atau tergeser oleh bahasa asing dan adanya perilaku yang cenderung menyelipkan istilah bahasa gaul.


Padahal, padanan dalam bahasa indonesianya ada, di karenakan sikap yang meyakini bahwa akan terlihat modern dan terpelajar dan dengan alasan mempermudah komunikasi di era milenial. Maraknya penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja membuat eksistensi bahasa indonesia menjadi menurun.


Oleh karena itu, pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar di kalangan milenial harus mendapat perhatian. Generasi milenial saat ini banyak menciptakan bahasa gaul. 


Menghadapi derasnya laju perkembangan zaman saat ini memang harus di sikapi secara bijaksana. Masyarakat secara sadar atau tidak sadar telah melakukan pergeseran kata - kata dalam berkomunikasi sehari - hari. Penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar sangat penting untuk di ketahui oleh para generasi milenial saat ini.

 

Baca Juga :



Bahasa indonesia perlu mendapat perhatian khusus dalam hal pelestariannya. Jika tidak, di khawatirkan masyarakat indonesia semakin terbawa arus westernisasi atau budaya kebarat - baratan. Salah satu butir dalam sumpah pemuda 1928 menyatakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan. 


Bahasa indonesia berfungsi sebagai alat komunikasi antar daerah, antar suku bangsa dan masyarakat etnis dan antar budaya indonesia. Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa indonesia telah menjalankan fungsi - fungsi yang di embannya. 


Bahasa indonesia bagi bangsa indonesia sebagai lambang jati diri bangsa yang akan menampakkan ciri khas, sekaligus membedakan bangsa indonesia dari bangsa - bangsa lain di dunia. Selain itu, bahasa indonesia juga sebagai lambang kebanggaan dan lambang harga diri bangsa indonesia.



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan