logoblog

Cari

Berhentilah Mengeluh Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Berhentilah Mengeluh Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Berhentilah Mengeluh Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik Oleh: Nur Aziza Ilmi Siswi MAN 1 Sumbawa   Mengeluh adalah hal yang wajar.

Opini/Artikel

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
30 Oktober, 2019 11:00:46
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 7497 Kali

Berhentilah Mengeluh Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Oleh: Nur Aziza Ilmi Siswi MAN 1 Sumbawa

Mengeluh adalah hal yang wajar. Sesuatu yang sering dilakukan oleh setiap manusia. Seseorang mengeluh ini sebagai cara mengekspresikan ketidakpuasan hasrat terhadap sesuatu. Terkadang mengeluh akan membuat seseorang menjadi lega. Telah menumpahkan segala keresahan yang tidak dapat diperbuat terhadap diri dan atau orang lain. Pada dasarnya, mengeluh merupakan energi negatif yang hadir dalam merespon permasalahan.

Keluhan seseorang tampak dari suatu ucapan dan tulisan. Seperti kehidupan remaja yang hidup zaman ini, ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diinginkan terkadang membuat pribadi tersebut merasa kecewa. Pelampiasan yang dilakukan dengan mengomel dan mencurahkan di media sosial. Sangat mudahnya seseorang berbagi cerita dengan berkeluh kesah tentang dirinya maupun orang lain. Sebuah keyakinan yang salah ketika hal itu dianggap mengurangi beban pikirannya.

Meskipun cara ini membuat seseorang merasa lebih baik berdasarkan penilaian pribadi. Namun, secara tidak sadar orang tersebut telah menularkan energi negatif terhadap kepada orang lain. Sesuatu yang dikeluhkan bukannya membuat sesorang menjadi lebih baik. Sebaliknya, akan menambah beban pada suatu permasalahan, tetapi menghadirakan masalah baru.

Bagi seseorang yang sering mengeluh akan menciptakan energi negatif yang merasuk pada otak dan saraf. Respon terhadap keadaan demikian menghadirkan perasaan seseorang yang semakin kacau. Seseorang leluasa mengeluh terhadap masalahnya. Sisi lain, ada orang yang belum tentu dapat menyiasatinya. Kebiasaan itu perlu diubah sebab masalah tidak akan pernah selesai dengan mengeluh. Daripada terus mengeluhkan sesuatu yang hanya akan menghabiskan energi dan waktu, yang dapat menggaggu kesehatan baik fisik maupun mental. Alangkah baiknya, perlu diambil pelajaran dari kegagalan berkeluh kesah.

 

Baca Juga :


Berawal dari memahami kegagalan yang ada terhadap diri dan orang lain sebagai langkah awal menuju kehidupan yang lebih baik. Seperti yang dinyatakan Syafii Efendi, “mengeluh kembali kemasa lalu, tindakan menentukan masa depan’’. Betapa mengeluh tidak aka ada gunanya, yang ada hanya akan membuat keadaan semakin rumit.

Oleh karena demikian, janganlah mengeluh, tetapi lakukan sesuatu yang positif agar hidup menjadi lebih baik. Apabila sesuatu yang belum dikerjakan akan terasa berat. Sebaliknya, apabila sesuatu yang sudah dikerjakan akan tersa lebih ringan. Harus dapat kita pahami bahwa mengeluh terus-menerus tidak akan pernah bisa mengubah keadaan.

Permasalahan tidak akan pernah selesai hanya dengan mengeluh, justru akan terasa berat. Daripada terus-menerus mengeluh membuang tenaga dan waktu. Sebaiknya digunakan untuk berusaha dan bangkit mencari jalan keluar agar mendapatkan kehidupan yang baik dari saat ini. Setiap detik dan menit itu sangat berharga, manfaatkanlah waktu yang ada sebaik mungkin sehingga mampu mewujudkan kebahagian dalam menjalani hidup. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan