logoblog

Cari

Pemuda Adalah Harapan Bangsa

Pemuda Adalah Harapan Bangsa

  Oleh: Zainudin  Pemuda adalah asset bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemempinan di republik ini, di tangan para pemuda ada

Opini/Artikel

Uba Leu
Oleh Uba Leu
10 September, 2019 10:17:35
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 544 Kali

 

Oleh: Zainudin 

Pemuda adalah asset bangsa yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemempinan di republik ini, di tangan para pemuda ada sejuta harapan masyarakat Indonesia, suara pemuda adalah penyambung lidah rakyat untuk membela hak-hak rakyat, membela keadilan dan mewujudkan kesejahteraan. Adapun yang menjadi persoalan pemuda hari ini ialah masihkah bisa diharapkan semangat juangnya sebagaimana para pemuda pada tahun 1945 yang merebut kemerdekaan.

Bangsa Indonesia mengharapkan pemuda yang memiliki jiwa dan nalar kritis, jiwa pejuang yang membela kebenaran, akan tetapi tidak cukup memiliki jiwa kritis saja, banyak pemuda dan mahasiswa yang mengkritisi pihak birokrasi, namun tidak sedikit juga yang menjual idealismenya, setelah mereka mendapatkan kursi mewah rakyat dibiarkannya resah, banyak pemuda yang teriak kritik kebijakan pemerintah akan tetapi setelah mendapatkan kursi yang makmur, rakyat dibiarkannya jatuh tersungkur, dan banyak pemuda yang kritis namun setelah mendapatkan kursi yang elit rakyat dibiarkannya melilit.

Artinya pemuda harapan bangsa tidak hanya memiliki jiwa yang kritis melainkan juga memiliki kapasitas intelektual, sehingga mampu melihat dan menyelesaikan problematika bangsa dengan berbagai pertimbangan yang bijaksana, akan tetapi punya intelektual saja tidak cukup untuk memimpin negeri ini, karena banyak pejabat-pejabat yang berdasi justeru tertangkap tangan dengan dugaan kasus penyuapan, korupsi, kolusi dan nepotisme. Banyak pejabat yang beritelektualitas tinggi justeru di sekolah ulang di lembaga komisi pemberantasan korupsi (KPK).

 

Baca Juga :


Lantas, pemuda yang bagaimanakah yang akan mampu menjadi pemimpin bangsa di masa depan? jawabannya adalah pemuda-pemuda yang memiliki jiwa kritis, berintelektual dan dibarengi dengan jiwa spiritual yang kuat, sebagaimana kepemimpinan para sahabat nabi terdahahulu dan para tabi’in. sebut saja khalifah Abu Bakar Ashidiq, Umar Bin Khatab, Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib, kemudian pada puncak kejayaan Islam yang pada massa itu islam dijuluki sebagai icon peradaban dunia, waktu di pimpin oleh Umar Bin Abdul Azis dan Harun Al-Rasyid pada masa Dinasti Abbasiyah.

Oleh karena itu bangunlah dan sadarilah wahai pemuda, karena kalian adalah satu-satunya asset bangsa yang akan menggantikan rezim yang berkuasa pada hari ini, teruslah belajar dan galilah pengalaman sebanyak-banyaknya dan jangan pernah malas, karena orang malas tidak akan pernah merasakan manisnya madu, namun akan tenggelam dalam pahitnya empedu.

 



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan