logoblog

Cari

Kerajinan Rotan Janaprie Kapan Mendunia ???

Kerajinan Rotan Janaprie Kapan Mendunia ???

Loang Maka merupakan desa yang terletak di kecamatan Janapria kabupaten Lombok Tengah. Loang Maka terdiri dari 26 dusun dan masih menjadi

Opini/Artikel

Abi Safroll
Oleh Abi Safroll
07 Agustus, 2019 19:05:40
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1309 Kali

Loang Maka merupakan desa yang terletak di kecamatan Janapria kabupaten Lombok Tengah. Loang Maka terdiri dari 26 dusun dan masih menjadi desa terluas di Janapria. Sebelumnya desa ini sudah mekar menjadi 3 desa, yakni desa Loang Maka, desa Tibu Sisok, dan desa Perako. Kemungkinan tahun ini ketiga desa tersebut akan didefinitifkan oleh pemerintah setempat.

Kehidupan masyarakatnya yang penuh ramah tamah membuat desa ini terlihat asri, apa lagi desa loang maka merupakan mayoritas petani tembakau membuat hamparan sekitarnya terlihat indah dan menawan. Selain tembakau sebagai penghasil utama masyarakat desa, kerajinan rotan merupakan sumber pendapatan ibu rumah tangga desa Loang Maka.

Melihat potensi desanya yang luar biasa, seharusnya pemerintah lebih memperhatikan desa ini terkait dengan kerajinan rotannya. "Ya harusnya pemerintah harus lebih memperhatikan kami, kami juga pengen ada pelatihan-pelatihan supaya ada inovasi dan kreatifitas baru, misalkan cara memasarkannya atau yang lainnya sehingga kerajinan yang kita geluti tidak selalu kita kirim ke luar daerah" ujar salah satu warga Loang Maka.

Melihat ketekunan dan keuletan masyaraktnya, seharusnya pemerintah setempat mampu membuat desa ini menjadi pusat pembelian dan penjualan hasil kerajinan rotan. selain menambah insentif masyarakat, potensi untuk menjadi desa wisata juga berpeluang besar jika kita melihat sirkuit moto GP Mandalika yang rencananya akan dimulai 2022 ini. (Abisafroll)


 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan