logoblog

Cari

Jurnalistik Berdimensi Dakwah

Jurnalistik Berdimensi Dakwah

Oleh: Lalu Pangkat Ali Ajaran Islam memotivasi manusia untuk berkreasi. Kreasi itu bisa disesuikan dengan bakat dan kemampuan seseorang. Dasar utama

Opini/Artikel

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
04 Agustus, 2019 22:06:30
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 3111 Kali

Oleh: Lalu Pangkat Ali

Ajaran Islam memotivasi manusia untuk berkreasi. Kreasi itu bisa disesuikan dengan bakat dan kemampuan seseorang. Dasar utama dalam berkreasi itu, dapat dirujuk melalui Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW. Salah satu ajaran Al-Quran yang harus kita pupuk dan kembangkan, adalah dakwah bilkitabah (jurnalistik). Anjuran ini dapat kita lihat dalam surat Al-Qalam ayat 1; Perhatikanlah pena dan apa saja yang mereka tulis.

Almarhum Buya Hamka dalam tafsir Al-Azhar juz 29 halaman 42, menafsirkan ayat ini sebagai berikut: Memang ada pertalian yang patut menjadi perhatian manusia tentang pentingnya qalam atau pena dalam hidup manusia di muka bumi. Dengan qalamlah, ilmu pengetahuan dicatat. Bahkan kitab suci yang diturunkan kepada nabi-nabi dan rasul-rasul seperti, Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran serta berpuluh shuhuf (wahyu) yang diturunkan kepada nabi-nabi sebagai catatan di dalam kumpulan “Perjanjian lama barulah menjadi dokumentasi agama setelah semuanya dicatat”

Berdasarkan pendapat di atas, dapat kita sadari bahwa, kemampuan menulis akan dapat menunjang kelancaran dakwah Islam untuk menyebarkan nilai-nilai agama dan ilmu pengetahuan. Pena tajam seorang Pengarang, akan dapat mempengaruhi pemikiran dan merubah sikap hidup seseorang. Merubah kebodohan kepada kecerdasan. Merubah kehidupan jahiliah kepada islamiah. Merubah yang batil kepada yang haq.

Pengarang Islam Anwar El-Jundi mengatakan, pena adalah amanah. Sedangkan kata-kata yang benar pastilah akan menemukan jalannya kepada hati walau, ditempatkan dalam surat kabar, medsos yang kecil atau yang sederhana terasnya.

Jadi, yang penting bagi kita dalam melatih diri di bidang jurnalistik adalah, bagaimana kita mengemban amanah. Amanah yang kita terima dari Rasulullah adalah; Sampaikanlah yang datang dariku walaupun satu ayat. Jika sepintas kita menelaah amanah Rasulullah ini, wajarlah kalau Kampung Media kemudian menyusun misi; “Sampaikanlah Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”.

 

Baca Juga :


Inilah tanggung jawab kita. Jika kita sebagai Jurnalis, maka tanggung jawab kita menyampaikan secara tertulis. Jangan dipikirkan di media mana, teras kecil atau besar, bulletin, majalah bonafid atau medsos ternama. Niatkanlah dulu untuk berdakwah. Jangan cari HONOR!

Jadi, apa yang dilakukan oleh Medsos kesayangan kita Kampung Media, sepantasnyalah kita sokong bersama-sama. Sokongan itu mungkin berupa mengirim karya jurnalistik yang bermanfaat sesama anggota dan juga masyarakat luas. Yang perlu kita perhatikan, bagaimana kita bekerja sama untuk menegakkan dakwah ini melalui karya jurnalistik. Setelah kita melangkah secara bersama sama, jangan sampai langkah ini terhenti di tengah jalan.

Yang jelas, kerja jurnalistik ini telah dilaksanakan oleh Rasulullah belasan bahkan puluhan abad yang lalu, dengan mengirim surat untuk mendakwahkan raja dan penguasa di penjuru dunia. Kegiatan jurnalistik ini dilanjutkan oleh para sahabat dan tabi’in (pengikut). Matarantai jurnalistik, telah mengharumkan Islam ke pelosok dunia. Akankah matarantai ini akan tetap kita lanjutkan atau terputus sampai di sini? Semoga!



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan