logoblog

Cari

Homestay Harus Menyediakan Paket Wisata

Homestay Harus Menyediakan Paket Wisata

KM. Sukamulia - "Jika kita ingin homestay yang kita kelola mendapatkan kunjungan yang ramai maka kita harus membuat aktifitas yang menarik

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
18 Juli, 2019 17:26:30
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1224 Kali

KM. Sukamulia - "Jika kita ingin homestay yang kita kelola mendapatkan kunjungan yang ramai maka kita harus membuat aktifitas yang menarik sebagai paket wisata yang dapat dinikmati oleh tamu sebab dengan adanya aktifitas maka tamu akan merasa betah tinggal di tempat kita", papar Musanip selaku pemateri Marketing Homestay pada pelatihan Tata Kelola Homestay Lotim 2019 (18/07/2019).

Ahir-ahir ini homestay menjadi tranding dalam aspek akomodasi pariwisata di Indonesia. Di Lombok Timur sendiri, setidaknya saat ini sudah ada 86 homestay dengan 269 orang pekerjanya. Keberadaan homestay merupakan salah satu sarana pendukung yang cukup penting bagi kemajuan pariwisata Lombok Timur.

Secara umum, permasalahan yang dihadapi oleh para pengelola Homestay Lotim adalah kurangnya promosi dan aktifitas yang tersedia di homestay. Hal itu yang kemudian menyebabkan keberadaan homestay belum bisa menyaingi akmodasi lainnya (hotel, villa, bungalows) di pasar akomodasi pariwisata.

Terkait dengan hal itu, Musanip (Owner MU Honestay) menyatakan bahwa dalam hal promosi dan pemasaran, pengelola homestay Lotim masih belum maksimal sehingga jumlah kunjungan yang kita dapatkan belum maksimal pula. 

"Selama ini sebagian besar dari kita hanya menjual homestay atau penginapan saja sehingga tingkat kunjungan yang kita dapatkan rendah. Kenapa demikian, sebab kalo hanya menjual penginapan maka kita bersaing dengan hotel, bungalow dan sejenisnya dan tentulah wisatawan lebih memilih hotel", pungkas Musanip.

 

Baca Juga :


"Untuk meningkatkan jumlah kunjungan di homestay yang kita kelola, maka kita harus menyuguhkan unikasi dan membuat paket wisata yang nantinya akan menjadi aktifitas yang membuat si tamu merasa betah dan berlama-lama di tempat kita", tambahnya.

Hal senada juga disampsikan oleh Ahyak Mudin pada saat menyampaikan materi Karaktristik dan Paket Usaha Homestay, "seharusnya, setiap Homestay menjual paket wisata dengan randon kegiatan yang jelas. Artinya, setiap pemilik homestay adalah pelaku wisata aktif dan seharusnya mereka membuat paket-paket wisata berupa aktifitas-aktifitas yang dapat membuat tamu merasa nyaman dan betah di homestay yang ia kelola sebab aktifitas itulah yang membuat wisatawan betah ditempat kita, apalagi jika kita menyuguhkan unikasi".

Mengacu dari penjelasan dua orang penggiat usaha homestay tadi maka jelaslah bahwa jika para pengelola homestay di Lombok Timur ingin meningkatkan jumlah kunjungan wisata di tempatnya maka mereka harus membuat dan menjual paket-paket wisata yang mengandung nilai unikasi sebagai bagian dari paket usaha homestay.
_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan