logoblog

Cari

NTB Satu Data

NTB Satu Data

Ketersediaan data-data pembangunan yang valid, lengkap dan akurat serta terintegrasi menjadi salah satu instrument penting dalam mencapai sebuah pemerintahan yang terbuka

Opini/Artikel

KIM PROVINSI NTB
Oleh KIM PROVINSI NTB
05 Juli, 2019 16:20:47
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1479 Kali

Ketersediaan data-data pembangunan yang valid, lengkap dan akurat serta terintegrasi menjadi salah satu instrument penting dalam mencapai sebuah pemerintahan yang terbuka dan informatif. Terlebih, di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Pemerintahan yang terbuka dalam memberikan data dan informasi publik akan dapat mendorong partisipasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ketika partisipasi dan kepercayaan masyarakat ini telah terbangun dan terus meningkat, maka kita akan lebih mudah dalam melakukan setiap proses pembangunan.

Dalam rancangan pembangunan NTB 5 tahun ke depan, NTB Bersih dan Melayani menjadi misi kedua dalam mewujudkan visi NTB Gemilang. Salah satu poin penting dalam mewujudkan NTB bersih dan melayani ini adalah ketersediaan data dan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat luas.

Berangkat dari hal tersebut, pemerintah provinsi NTB terus berupaya optimal dalam menyiapkan dan menyediakan data dan informasi  tersebut. Salah satu cara yang telah mulai dilakukan adalah dengan menyediakan platform digital yang diberi nama NTB Satu Data.

 

NTB Satu Data

Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB telah meluncurkan portal NTB satu data yaitu data.ntbprov.go.id. Melalui portal data.ntbprov.go.id ini, masyarakat luas khususnya masyarakat NTB kini dapat dengan mudah mengakses berbagai data dan informasi yang meliputi data statistik, data geospasial, dan data sektoral provinsi NTB.

Sampai dengan 17 Juni 2019, Diskominfotik NTB telah berhasil menginput data berdasarkan jenis data sebanyak 1422 data yang terdiri dari data sosial 850 data, ekonomi 350 dan data Sumber Daya Alam serta infrastruktur sebanyak 222 data. Jumlah data ini akan terus diperbarui sehingga lebih banyak lagi data yang dapat diakses oleh masyarakat.

Adapun  data-data yang dimuat di portal NTB satu data ini dihimpun dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku kepentingan lainnya. Setelah data-data dihimpun kemudian dilakukan analisis dan validasi oleh Diskominfotik NTB sebelum kemudian dimuat di portal data.ntbprov.go.id.

Keberadaan NTB satu data ini selain diperuntukkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses data yang dibutuhkan seputar NTB, juga digunakan sebagai  rujukan dari Pemda NTB dalam merumuskan dan mengambil kebijakan pembangunan NTB. Hal ini karena satu data ini adalah bagian dari perbaikan tata kelola Data Pemerintah yang diselenggarakan melalui prinsip satu standar data, satu metadata, keterbukaan dan aksesibilitas data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Misalnya saja, ketika akan membuat program terkait dengan industrialisasi, kita lebih mudah menentukan komoditas-komoditas apa saja yang akan diindustrialisasikan. Tinggal  melihat data potensi NTB lalu kemudian mengolahnya menjadi program nyata. Begitupun ketika  hendak membuat program yang berkaitan dengan infrastruktur.

Dengan data-data valid dan lengkap yang disuguhkan melalui situs satu data, maka jenis infrastruktur dan lokasi pembangunannya juga akan mudah untuk ditentukan. Demikanpun saat akan mengambil suatu kebijakan dan lain sebagainya.

 

 

Baca Juga :


Pentingya Memiliki Satu Data          

Sebelum sampai pada tahap eksekusi program, perencanaan yang matang sangat menentukan hasil akhir dari suatu program yang dibuat. Untuk mendapatkan perncanaan yang matang ini tentu sangat dibutuhkan data yang valid dan lengkap sebagai acuan dan landasan untuk merancang program. Jika data yang disuguhkan tidak akurat dan valid serta berasal dari banyak sumber, maka secara otomatis perencanaannya juga akan menjadi keliru.

Setidaknya, ada tiga alasan kenapa keberadaan satu data ini penting. Pertama, memudahkan dalam membuat program. Kita ingin, dalam setiap program yang dibuat dan dijalankan harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran.

Program yang sesuai kebutuhan dan tepat sasaran itu akan dapat kita peroleh manakala ada data yang valid dan lengkap dari satu sumber data utama yang menjadi rujukan bersama. Kenapa satu sumber? Karena dalam satu program khususnya program besar yang menjadi prioritas, penentuan programnya tidak hanya melibatkan satu OPD atau dinas saja. Ada keterlibatan dari sejumlah OPD atau bahkan lembaga lain di luar pemerintah.

Dengan demikian, adanya satu data yang menjadi rujukan bersama, maka pada saat perencanaan dan penyusunan program, kita akan mudah mendapatkan suatu program yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat dan kemajuan NTB.

Kedua, sebagai alat kontrol dalam menyusun program. Pada saat perencanaan dan penyusunan program, kita akan disuguhkan dengan begitu banyak usulan program. Dari sekian banyak usulan program tersebut, tentu saja kita tidak dapat mengeksekusi semuanya. Disamping karena keterbatasan anggaran yang kita miliki, juga dilihat dari kebermanfaatannya. Ada skala prioritas yang harus kita utamakan.

Kita tidak ingin, program yang kita buat berupa program “asal-asalan”. Yang kita inginkan adalah program yang langsung menyentuh kebutuhan dari masyarakat dan dapat mempercepat proses pembangunan NTB. Apalagi, setelah NTB mengalami musibah gempa bumi 2018 yang lalu.

Oleh karena itu, dengan adanya rujukan satu data yang kita miliki, maka kita dapat mengontrol mana saja dari usulan program tersebut yang kita masukkan ke dalam program yang nantinya akan dijalankan dan masuk dalam penganggaran.

Ketiga, membangun trust atau kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Kadangkala, sebagian dari masyarkat kita bertanya-tanya tentang suatu program yang sedang dijalankan. Kenapa dibuat program tersebut dan kenapa hanya sebagian tempat yang menerima program itu. Demikian pertanyaan yang sering kami dapatkan.

Melalui kemudahan masyarakat dalam mengakses berbagai data dan informasi yang disediakan melalui portal data.ntbprov.go.id, masyarakat akan bisa mengetahui dan memahami bahwa program yang dijalankan tidak muncul begitu saja tetapi melalui hasil analisis data yang ada dan terbuka untuk siapa saja. Dengan demikian, akan muncul trust atau kepercayaan dari  masyarakat terhadap pemerintah  dan program-program yang dibuatnya. (Oleh: Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi  Djalilah/Wakil Gubernur  NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan