logoblog

Cari

KEMENPORA Gelar Pelatihan Kader Pemuda Maritim 2019 di NTB

KEMENPORA Gelar Pelatihan Kader Pemuda Maritim 2019 di NTB

Luas wilayah Perairan Indonesia melebihi luas daratannya. Hampir 70% wilayah Indonesia didominasi oleh Perairan, sudah sepatutnya yang di boomingkan bukan hanya

Opini/Artikel

Tri Dewi Febrianti
Oleh Tri Dewi Febrianti
05 Mei, 2019 19:39:32
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 2057 Kali

Luas wilayah Perairan Indonesia melebihi luas daratannya. Hampir 70% wilayah Indonesia didominasi oleh Perairan, sudah sepatutnya yang di boomingkan bukan hanya sebagai negara Agraris sjaa dengan mayoritas petaninya namun juga Negara Maritim dengan kekayaan lautnya yang melimpah. Keindahan bahari dan hasil laut yang dimiliki Indonesia tentu memiliki kualitas terbaik. Mulai pulau yang cantik akan isi lautnya seperti terumbu karang dan tumbuhan laut. Luas terumbu karang di Indonesia mencapai 50.875 kilometer persegi yang menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle. Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia, salah satunya di NTB. Banyak Gili dan pulau yang dimiliki NTB sebagai tujuan wisatawan domestik dan mancanegara untuk melakukan olahraga Diving dan Snorkling.

Pelatihan Kader Pemuda Maritim yang diselenggarakan pada 2-4 Mei di Hotel Jayakarta Senggigi oleh KEMENPORA RI bertujuan untuk memberikan wawasan kemaritiman kepada Pemuda bahwa peluang bisnis kemaritiman sangatlah besar, hanya saja saat ini belum terkelola dengan optimal. Hingga di akhir kesempatan peserta diminta untuk membuat Action Plan terkait program sasaran kemaritiman. Yang di presentasikan dan akan ditindak lanjuti.

Dari 34 Provinsi, Alhamdulillah NTB menjadi satu dari 3 provinsi yang menjadi target sasaran Kemenpora untuk menjadi lokasi dilaksanakannya PKPM 2019 ini. Dalam kesempatan ini diundang pemateri luar biasa, dari KEMENKO MARITIM RI, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Kepala Dispora NTB, Ketua Umum Maritim Muda Nusantara, hingga Pak Mujiyanto yang telah lama berkecimpung didunia bisnis kemaritiman.

Banyak potensi yang dimiliki laut Indonesia, biota laut yang luar biasa, ikan dengan ribuan jenis nya dan pemandangan wisata alamnya yang sungguh memanjakan mata. Ini semua yang menjadi PR untuk kita semua agar dapat dikelola dengan tepat dan berkelanjutan. Namun masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dalam mengelola potensi bahari Indonesia, salah satunya adalah masalah Sampah plastik.

(Sumber. Sampah muda net)

Sampah plastik hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia dan juga negara lain di dunia. Permasalahan sampah pun kerap menjadi persoalan utama dalam pengembangan wisata bahari Indonesia, sebab di tahun 2017 saja, Menteri Kelautan dan Perikanan Ibunda Sri Pujiastuti mengatakan bahwa jumlah sampah plastik diwilayah laut mencapai 9juta ton. Miris sekali rasanya, dan ini kembali lagi ke kesadaran kita masing-masing. Mulai peduli dari diri sendiri, dari hal kecil, dan dari lingkungan kita sendiri. Mari kita bebaskan laut dan ekosistem yang berada didalamnya dari bahaya sampah plastik. Selaras dengan program yang sedang marak digalakkan oleh Pemerintah NTB, yakni Zero Waste Action, mari bersama-sama membangun NTB bebas sampah.

 

Baca Juga :


Diakhir penutupan, ditutup oleh Ayahanda Deputi PSDM KEMEMPORA RI, Bapak Prof. Dr. Faisal Abdullah, S.H., M.Si., DFM, . Kalimat yang masih teringat disampaikan oleh beliau adalah

"Jadilah pemuda yang konsisten dan fokus. Lihat Zohri, atlet dunia yang dimiliki NTB. Diusianya yang masih muda ia sudah menemukan kelemahannya, Ia ia tahu ia tidak mampu dibidang akademik, makanya ia fokus pada lari, berlatih dan terus berlatih, hingga menjadikan ia sebagai atlet dunia. Dan satu, kau  boleh meninggalkan suami/istrimu, kamu boleh meninggalkan segala hal yang kamu miliki. Tapi jangan pernah meninggalkan agama. Sebab AGAMA yang akan menuntunmu mendapatkan segala hal". 

Semangat belajar para pemuda NTB, semoga dengan bertemu orang-orang hebat, kamu bisa belajar ilmu-ilmu kehidupan dari mereka. Bergurulah pada siapa sjaa yang kau temui :)

Semoga kelak lahir generasi-generasi enterpreneur dibidang kemaritiman yang berkualitas dan mampu memanfaatkan potensi yang ada. 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan