logoblog

Cari

Sosial Media Dan Perekrutan Karyawan

Sosial Media Dan Perekrutan Karyawan

Semakin populernya media sosial baik untuk kepentingan pribadi maupun professional mempermudah setiap individu dalam berkenalan dan bersosialisasi. Bukanlah hal yang baru

Opini/Artikel

Roy Trinugrah
Oleh Roy Trinugrah
16 April, 2019 09:52:22
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 2652 Kali

Semakin populernya media sosial baik untuk kepentingan pribadi maupun professional mempermudah setiap individu dalam berkenalan dan bersosialisasi. Bukanlah hal yang baru jika perusahaan pada saat ini memanfaatkan sosial media dalam mendukung rekrutmen melalui software HRIS mereka. Dengan pemanfaatan yang benar, social media dapat menjadi tools penting yang membantu proses pencarian dan perekrutan karyawan. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan dalam memanfaatkan social media sebagai media perekrutan karyawan.

Branding

Untuk menarik minat pelamar tentu perusahaan harus memiliki image yang baik dimata calon karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat akun atau channel khusus perusahaan anda. Bagikan gambar tentang perusahaan yang bisa menggambarkan nilai ataupun keunikan dari perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat membagikan kegiatan – kegiatan positif dan menarik untuk meningkatkan nilai perusahaan tersebut.

Selain melalui akun perusahaan, perusahaan juga bisa melibatkan karyawan untuk meningkatkan popularitas dan image perusahaan. Ajak karyawan untuk meramaikan akun sosial media perusahaan dengan cara follow ataupun menyukai setiap konten yang dibagikan akun perusahaan. Bahkan karyawan bisa diajak untuk membagikan foto ataupun artikel yang berkaitan dengan perusahaan. Selain membuat perusahaan ataupun brand anda lebih dikenal, hal ini juga dapat memberikan kesan hubungan yang baik antara perusahaan dengan karyawan.

Advertising

Perusahaan bisa membagikan lowongan pekerjaan di berbagai media mulai dari facebook, LinkedIn, WhatsApp, Twitter, Instagram ataupun portal perekrutan milik perusahaan. Sama halnya seperti point sebelumnya ajak karyawan untuk ikut membagikan vacancy tersebut. Mungkin saja karyawan memiliki teman ataupun kerabat yang cocok untuk posisi yang sedang dicari dan dengan referensi yang ada proses rekrutmen tentunya bisa terbantu. Selain dengan membuat iklan lowongan kerja melalui sosial media, perusahaan dapat memanfaatkan portal rekrutmen pada software payroll indonesia dalam membagikan lowongan kerja. Sebagai media perekrutan karyawan, rekrutmen juga memberikan  kemudahan proses perekrutan melalui integrasi dengan data HR.

Screening

 

Baca Juga :


Selain sebagai sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan brand perusahaan dan membuat iklan lowongan kerja, sosial media juga bisa digunakan untuk membantu process screening data pelamar. Sebagian besar pengguna sosial media kurang peduli dengan history pada akun mereka, mungkin begitu juga dengan kandidat anda. Dengan begitu informasi yang pernah mereka bagikan tetap bisa diakses dan digunakan sebagai informasi untuk mengetahui perliaku ataupun kepribadian kandidat. Bahkan pihak rekrutmen bisa membuat standard penilaian dari sosial media yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan dengan menentukan parameter apa saja yang dinilai dari akun sosial media pelamar.

Berikut Contohnya:

Selain hal – hal diatas perlu dipertimbangkan juga pemanfaatan software HRIS dalam mendukung proses perekrutan karyawan . Salah satu software HRIS yang menawarkan modul rekrutmen terintegrasi web adalah Sigma HRIS. dengan menggunakan rekrutmen pada Sigma HRIS, anda dapat menggabungkan berbagai hal diatas untuk meningkatkan efektivitas dari rekrutmen perusahaan anda.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan