logoblog

Cari

Menulislah, Kelak Kamu Akan Mendapatkan Manfaatnya

Menulislah, Kelak Kamu Akan Mendapatkan Manfaatnya

Menulis itu tidak lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Bahkan, saat kita kecil kita diajarkan untuk menulis. Saat sudah bisa, malah kita

Opini/Artikel

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
03 April, 2019 05:57:42
Opini/Artikel
Komentar: 2
Dibaca: 11050 Kali

Menulis itu tidak lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Bahkan, saat kita kecil kita diajarkan untuk menulis. Saat sudah bisa, malah kita akan terus menulis sampai hanyat hidup kita ini. Saat mau berpesan singkat, kita menulis. Saat mau ke pasar, supaya tidak lupa, kita menulis. Dan, beberapa kegiatan lain pun kita akan tetap saja mengandalkan yang namanya menulis. Maka dari itu, teruslah menulis.

Banyak kita yang bisa menulis. Namun, mengembangkan tulisan itu menjadi sebuah informasi sangatlah kurang kita lakukan. Padahal, apa yang kita tulis akan menjadi sebuah berita bagi orang lain, dan siapa tahu itu akan menjadi penting bagi orang lain. Namun, era sekarang, istilahnya era digital, menulis kadang tidak begitu diperhatikan. Semua itu sudah terganti oleh audio visual yang sering kita hadapi. Contoh, di TV, Youtube, Instagram dan media lain. Namun, walau begitu, setiap audio visual yang kita lihat pasti ada saja sebuah tulisan walau pun itu jumlah katanya sedikit. Yang terpenting, audio visual itu tidak bisa lepas dari yang namanya menulis. Lantas, secara garis besarnya menulis itu adalah bagian vital. Lalu, kenapa kita tidak menulis?

Mungkin, bagi sebagian orang menulis itu hanya membuang-buang waktu. Atau, sebagian juga ada yang berpendapat, menulis itu untuk apa, toh tidak akan ada yang membacanya. Atau, apa sih manfaatnya bagi pribadi? Atau... ada alasan-alasan lainnya. Pada intinya, bagi yang memang tidak mau menulis, pasti memiliki alasan yang banyak. Padahal, bila dilihat, atau kata lainna, alasan mereka itu salah besar. Manfaat menulis itu sangat besar.

Nah, bagi yang membaca tulisan ini, bagi kalian yang ingin menulis tapi malas, atau ujung-ujungnya beranggapan bahwa menulis itu tidak ada gunanya, coba perhatikan beberapa point di bawah ini:

Setiap tulisan itu pasti ada saja pembacanya

Secara pribadi, penulis juga beranggapan bahwa menulis itu tidak ada gunanya sama sekali. Bahkan, ada banak orang yang menulis dengan tema yang sama. Jadi, kalau menulis yang ini, pasti tidak ada yang baca. Namun, seiring waktu, cetusan penulis salah. Ternyata, ketika penulis mulai menulis di blog, secara mengejutkan dari satu artikel yang ditulis ternyata ada yang membacanya. Bahkan, ada yang berkomentar. Maka dari hal itu, penulis pun mulai mengasah kemampuannya dalam menulis.

Anggap saja apa yang ditulis sebagai pengingat

 

Baca Juga :


Setiap orang punya cerita, kadang cerita kalau tidak dibagi atau diceritakan akan hilang dengan sendirinya. Bukankah manusia rumahnya lupa? Maka dari itu, menulis merupakan solusi untuk berbagi cerita. Siapa tahu, saat kita lupa, dan tanpa sengaja kita membaca cerita yang sudah ditulis akan mengembalikan daya ingat kita. Alangkah manisnya bukan kenangan masa itu?

Dan, ada beberapa lagi, tapi cukup ini dulu saja.

Nah, sekarang tunggu apalagi yang ditunggu. Menulislah. Sebab, dari menulis itu kita akan mendapatkan beberapa manfaat:

  1. Setidaknya kita bisa berbagi, dan saat kita berbagi dan ada yang membaca dan merasa terbantu maka kita akan mendapatkan pahala.
  2. Mendatangkan sahabat dari luar daerah kita. Bukankah memiliki teman itu enak? Kita bisa berbagi cerita-cerita dan lain-lainnya.
  3. Dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Dengan pandai menulis, biasanya akan mudah sekali kita mendapatkan pekerjaan. Ada yang tertarik dengan tulisan kita, kita bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.
  4. Mendapatkan uang. Dari menulis bisa menghasilakn ternyata. Banyak bukti kalau masalah ini. Contohnya di penulis. Penulis sudah bisa mendapatkan uang dari menulis, walau jumlahnya tidak banyak.
  5. Mendapatkan hadiah dari teman. Tidak bisa dpungkiri, dari menulis kadang kita bisa dapat hadiah berupa bara dari teman yang suka membaca tulisan kita.
  6. Pahala yang terus mengalir. Menulis di blog atau sosial media lainnya, dengan beberapa tulisan yang membantu orang lain tentu bisa mendapatkan pahala. Baangkan saja ketika kita sudah tiada, tapi tulisa kita di blog masih banyak yang membacanya dan banyak yang mendapat pencerahan dari tulisan itu, maka pahala yang kita dapatkan terus mengalir bukan?
  7. Dan, apalagi, ya. Silahkan kalian yang boleh menulisnya sesuai manfaat yang sudah kalian dapatkan.

Dan akhirnya, semoga tulisan ini kalian baca dan bisa membuat kalian tergerak untuk menulis. Ingat, menulis itu tidak akan membuat waktumu sia-sia. Menulislah mulai dari sekarang, kelak, kalian akan mendapatkan manfaatnya. Mungkin sekarang tidak ada efeknya sama sekali. Tapi percayalah, semuanya akan indah pada waktu.

Baiklah, penulis tutup. Semoga kalian suka. Salam hangat, ya. (adoeen)



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. Pangkat Ali

    Pangkat Ali

    03 April, 2019

    Bung Madun, Slmt mlm....sprti dialog kt wkt itu...sy punya stok tulisan fiksi dan non fiksi. Non fiksi (Ayo Belajar Menjadi Pembayun). Mungkin bung Madun bisa bantu soal penerbitan...Tengkiu Bung!


    1. Muhammad Madun Anwar

      Muhammad Madun Anwar

      26 Juli, 2019

      maaf pak, telat balas. siap pak. semoga naskahnya segera diselesaikan.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan