logoblog

Cari

Siapkan Pasar Kampung Online, Kominfotik NTB Perkuat KIM

Siapkan Pasar Kampung Online, Kominfotik NTB Perkuat KIM

Dompu, Kampung Media -  Menghadapi era baru terobosan untuk pasar kampung online yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2019 ini, Dinas

Opini/Artikel

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
27 Maret, 2019 08:50:27
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1105 Kali

Dompu, Kampung Media -  Menghadapi era baru terobosan untuk pasar kampung online yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2019 ini, Dinas Komunikasi  Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat, kini tengah memperkuat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang ada di seluruh NTB. 

Tujuannya, warga yang tergabung dalam KIM akan dijadikan sebagai pengelola sekaligus pengguna aplikasi pasar kampung online. 

Untuk mencapai tujuan itu, Diskominfotik Provinsi NTB bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Dompu menggelar pelatihan pasar Kampung Online yang dirangkaikan dengan Peningkatan SDM Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Selasa (26/03/2019) kemarin. 

Kegiatan yang digelar di gedung Dharma Wanita Dompu itu dihadiri oleh pengelola KIM dan anggota Komunitas Kampung Media (KM) se Kabupaten Dompu. 

"Pasar kampung online ini ada ruang yang membuat kita untuk memanfaatkan teknologi dan mendapatkan ekonomi. Impact itu pada peningkatan ekonomi masyarakat. Sosial media menjadi salah satu akses dalam menjual produk juga layanan jasa," ungkap Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kominfotik Provinsi NTB, Fairuz Abadi, saat memberikan pelatihan di acara tersebut.

Dikatakannya, aplikasi pasar kampung online ini rencananya akan diluncurkan setelah survei dan respon dari KIM. Dia memperkirakan aplikasi akan terwujud setelah ada hasil survei. 

Aplikasi ini kata dia, menjadi sarana masyarakat dalam menebarkan kebaikan yang dimulai dari hal kecil. Pasalnya aplikasi pasar kampung online ini serupa dengan aplikasi penyedia barang dan jasa yang lebih dulu ada namun zonasinya hanya husus untuk warga NTB. 

 

Baca Juga :


"Di dunia teknologi ini,  menyebarkan kebaikan dimulai dari hal yang kecil. Mari kita mulai dari diri sendiri, karena kebaikan dari yang kita dapatkan hari ini adalah buah dari keburukan yang kita tinggalkan di masa lalu," ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Bidang IKP Kominfo Dompu, Nasran S.Sos.,  mengatakan pelantihan ini merupakan ajang untuk para pengelola KIM maupun KM dalam mewujudkan peningkatan ekonomi. Dia berharap, KIM dan KM yang ada di Dompu bisa setara dengan yang ada di Kabupaten Kota lain se NTB. 

"Untuk kedepannya KIM dan Kampung Media kita bersama sama meningkatkan SDM, Kominfo Dompu punya keinginan yg kuat KIM dan KM setara dengan daerah lain yang ada di NTB," ujarnya. 

Dalam kegiatan ini, Diskominfotik NTB menggandeng pelaku usaha online ternama di NTB sebagai motivator dalam dunia bisnis online yakni Owner Jamu Sasambodom, Teh Morinanga,  Nasrin H Muhtar. (Faruk) 



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan