logoblog

Cari

Rekonstruksi Pemikiran

Rekonstruksi Pemikiran

Oleh: Muh.Luqmanul hakim Manusia adalah mahluk yang dihadirkan Tuhan untuk menata sesuatu yang amburadur, memperbaiki sesuatu yang rusak, dan itu sesuatu

Opini/Artikel

Uba Leu
Oleh Uba Leu
18 Maret, 2019 07:38:12
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 3434 Kali

Oleh: Muh.Luqmanul hakim

Manusia adalah mahluk yang dihadirkan Tuhan untuk menata sesuatu yang amburadur, memperbaiki sesuatu yang rusak, dan itu sesuatu tertuang dalam emban manusia sebagai Khalifahfilardi. 

Rekonstruksi adalah pentaan kembali yang amburadur demi terciptanya sesuatu yang lebih dari sebelum. 

Rekonstruksi pemikiran adalah evaluasi cara berpikir individu atau kelompok dalam rangka menghadirkan sesuatu yang lebih dari sebelumnya. Keselarasan nilai nilai sosial, Agama dan lain lain itu perlu, demi menggapai ummat yang maju. 

Kalau kerucut ke Internal Islam maka Kehadiran tugas khalifahfilardi ini yang kemudian saya lihat tidak selaras dan senada, yang sebenarnya gandengan antara relegiusitas dan intelektualitas, berfikir dan zikir harus selaras dalam rangka menghasilkan peradaban yang baru.

Umat Islam sekarang mengalami kemelorosotan peradaban, karena paradigma islam yang di ajarkan sekarang adalah hanya untuk tuhan (spritual), intelektualitas tidak lagi dianggap penting.

Padahal jika menflashback kembali sejarah peradaban dunia muslim dulu, orang-orang muslim bisa jaya karena keterbukaannya menerima berbagai ilmu pengetahuan yang masuk. Mereka dulu tidak hanya kerelegiusitasanya yang diutamakan namun keintelektualitasannya pun mereka jaga dan selaraskan.

 

Baca Juga :


muhammed Abdussalam pernah berkata, Orang-orang Islam sekarang jangankan untuk menciptakan peradaban yang baru, memahami peradaban yang sudah ada saja sangatlah susah 

Untuk itulah sekiranya kita yang mengemban tugas mulia ini haruslah pekka, pemikiran yang membelenggu kau tinggalkan, kalau bisa jadilah orang yang rasionalistik, dari rasionalistik melahirkan sekuleristik, namun sekuler yang islamis yaitu mengerjakan tugas tuhan.

Mataram, 18 Maret 2019

 

 



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan