logoblog

Cari

Kuliah Atau Kerja, Mencari Arah Kesuksesan

Kuliah Atau Kerja, Mencari Arah Kesuksesan

Kuliah merupakan alasan pertama orang untuk mencari jati diri untuk menopang hidup kedepannya,  namun mampukah setelah lulus dari perguruan tinggi akan

Opini/Artikel

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
13 Maret, 2019 17:07:27
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1003 Kali

Kuliah merupakan alasan pertama orang untuk mencari jati diri untuk menopang hidup kedepannya,  namun mampukah setelah lulus dari perguruan tinggi akan mampu untuk mendapakan sesuatu yang diinginkan seperti apa yang di harapkan,  yaa pasti jawabannya belum tentu. 

Tidak selamanya lulus dari perguran tinggi akan langsung mendapatkan pekerjaan,  tentunya butuh proses panjang untuk dapat membuahkan hasil baik.  Lalu bagaimana kita akan mensolusikan agar kuliah tidak sia sia. 

Selama 4 tahun atau lebih dalam proses belajar di perguruan tinggi perlu kita memahami tentang sebuah setrategi pola pikir, memanfaatkan waktu dan memiliki banyak rencana ketika duduk di bangku kuliah. Pola pikir yang bagaimana cara untuk mensiasatinya dengan mencari tantangan baru di dalam kampus ataupun luarnya.  Mencari sebuah gerakan atau aliansi untuk belajar mencari pengalaman untuk menambah ilmu dan membentuk sebuah pola pikir yang baik, itu hal pertama yang mungkin akan dilakukan.  Kemudian Memanfaatkan waktu.! Dari baru pertama masuk kuliah rencana untuk kedepannya seperti apa,  apakah kita akan mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan, tentu juga belum pasti. Jadi bagaimana kita akan memanfaatkan waktu baik agar kedepan mampu untuk menjadikan kita sukses. Dan yang terakhir adalah rencana.  Mungkin pikiran kita semua sudah termakan dengan keinginan kita, Pikiran yang ingin untuk sukses. Lalu Rencana apa yang perlu di kedepannkan agar semua tidak sia sia.  apakah akan melanjutkan ke dunia pendidikan, politik,  bisnis atau yang lainnya.  itu tergantung dari masing masing orang.  

Sudah banyak contoh orang yang selesai kuliah tanpa pekerjaan. Inilah ketakutan yang selalu terjadi kepada calon wisudawan wisudawati. Apa yang dikerjaakan setelah itu,  dan ujung ujungnya menganggur juga. jadi percuma nama terpampang dengan sebuah gelar di dinding, tapi tak ada artinya. 

Setelah beberapa pengalaman yang pernah saya lihat, ketika terlalu fokus ke dunia pendidikan dan pada akhirnya dunia kerjapun akan terlihat jauh dari pandangan. Namun jika fokusnya ke dunia kerja tapi tak punya nama yang dihormati tetep sama saja. 

Kuliah dan kerja,  Mencari arah kesuksesan. Inilah judul artikel kali ini. Bagaimana kita akan sukses dengan sebuah nama dan pekerjaan.  Pengalaman demi pengalaman tak henti hentinya untuk di cari,  pengalaman baik dari segi bisnis, politik,  pekerjaan,  dan sampai pendidikan.  Memang saya belum mengalami menjadi seorang wisudawan muda,  tapi ada cara atau ide dari pengalaman yang pernah saya lihat sebelumnya,  baik pengalaman dari lingkungan rumah maupun dari kota lain.  

Melihat indonesia yang memang memiliki banyak pengangguran membuat saya takut akan ikut juga menjadi seorang pengangguran. Setiap tahun Indonesia khususnya NTB pulau Lombok ini mengeluarkan ribuan wisudawan wisudawati.  Ketakutan saya adalah ketika saya menjadi seorang wisudawan muda namun setelah itu saya tidak bekerja, lalu bagaimana saya akan membahagiakan diri dan orang tua.  pikiran pikiran itu muncul setiap harinya. Dan akhirnya saya berpikir untuk masuk dalam sebuah organisasi intra kampus ataupun ekstra kampus.  Semua saya ikut untuk menambah wawasan termasuk juga mencari link ke senior senior organisasi.  

 

Baca Juga :


"Pekerjaan apapun yang kita lakukan jika kita menyukainya pasti akan berkah" dari kata kata inilah yang saya pegang sampai saat ini.  pekerjaan dari hal hal kecil kerjakan saja, meskipun ada hinaan ataupun hujatan dari teman teman tapi hiraukan saja. Karena kita juga butuh proses dari hal hal kecil. Karena juga orang orang besar berawal dari hal hal kecil.  

Nah jadi begini teman teman,  ketika masih dalam bangku kuliah manfaatkanlah waktu dengan sebaik baiknya, Cari cara atau link untuk tempat bekerja sambil kuliah.  meskipun kecil tapi mampu menopang hidup kita untuk sementara,  sembari menunggu pekerjaan lainnya.  

Tapi disini kalau kita memulainya dari semester bawah,  mungkin agak kelelahan.  lebih baik pada saat di semester 5 atau 6 untuk memulainya.  Jangan sampai kerja yang  di fokuskan namun melupakan pendidikan sama hanlnya bohong juga teman teman.  

Kuliah dan kerja ini akan menjadikan kita lama lama kelamaan mengetahui arah tujuan hidup,  bagaimana kita akan mesiasati gejala gejala ini atau mampu untuk mendpatkan solusi untuk kedepannya.  Arah tujuan kesuksesan ini akan lama kelamaan timbul dan mengetahui cara bagaimana untuk mendapatkan kesuksesan dari hal hal hal sederhana. Jadi ini lah sebuah artikel mencari arah kesuksesan dengan melihat pengalam yang terjadi saat ini.  Kenapa kita tidak di coba,  bisa jadi Allah memberikan kesuksesan dari hal hal seperti ini.



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan