logoblog

Cari

Bonus Demografi

Bonus Demografi

Oleh: M. Addarunnafis Bonus demografi merupakan fenomena yang unik dan  langka. fenomena ini kini sedang dan atau dialami oleh negara indonesia.

Opini/Artikel

Uba Leu
Oleh Uba Leu
08 Maret, 2019 10:05:15
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 8449 Kali

Oleh: M. Addarunnafis

Bonus demografi merupakan fenomena yang unik dan  langka. fenomena ini kini sedang dan atau dialami oleh negara indonesia. dengan kesiapan dan tata kelola yang baik maka hal ini akan bisa menjadi nilai lebih untuk produktifitas negara, akan tetapi hal ini pun bisa menjadi beban negara ketika tidak di perlakukan dengan baik.

bonus demografi merupakan bonus yang dinikmati oleh sebuah negara karena besarnya usia produktif (>15 tahun). menurut para ahli bonus demografi akan terjadi di indonesia pada tahun 2020-2035, dengan masa puncaknya tahun 2025-2030

salah satu basis yang harus di perkuat untuk menjemput bonus demografi ini adalah pada fondasi pendidikan. melalui pendidikan maka akan mampu memberikan stimulus bagi seluruh kalangan, terutama generasi muda, sehingga akan mampu bersaing dengan menciptakan berbagai kreativitas dan inovasi yang berkualitas dan akan berdampak pada kemajuang bangsa.

dunia pendidikan pun tidak hanya berpangku tangan pada pendidikan formal saja dalam membentuk karakter anak bangsa, tetapi harus di elaborasikan dengan pendidikan non-formal dan informal, dengan penguatan ketiga aspek pendidikan ini akan mampu mengoptimalkan daya saing dan daya guna menuju produktifitas generasi muda. 

 

Baca Juga :


ketika salah satu saja dari kertiga aspek pendidikan tersebut maka tidak akan mampu mengoptimalkan kemampuan daya saing generasi muda. karena katiga hal ini saling berkaitan saling menguatkan satu sama lain bagai mata rantai. dengan berpijak pada teori empirisme (pengetahuan didapatkan dari pengalaman) dengan berbagai potensi yang ada pada generasi muda, segala hal yang di tanamkan oleh ketiga dunia pendidikan tersebut, berorietasi positif pada generasi maka akan mencetak hasil yang positif, begitupun sebalaiknya. 

oleh karena itu penguatan pendidikan mulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sangat di perlukan dan menjadi tanggungjawab kita bersama. mulai dari penanaman nilai keagamaan, karakter, kedisiplinan, tanggungjawab dan pendidikan ilmiah. sudah barang tentu penanaman nilai-nilai seperti ini di tiga lingkungan pendidikan tersebut di terapkan dengan baik akan menghasilkan generasi emas.



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan