logoblog

Cari

Jelang Pemilu 2019, KPU Gelar Bimtek Tungsura

Jelang Pemilu 2019, KPU Gelar Bimtek Tungsura

Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil serta

Opini/Artikel

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 Maret, 2019 15:47:30
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 833 Kali

Jelang pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil serta pemanfaatan Sistem Hitung (Situng) Pemilu 2019, Rabu (27/2) di Senggigi Lombok Barat.

Ketua KPU Provinsi NTB Suhardi Soud, mengingatkan penyelenggara bahwa Pemilu  17 April 2019 mendatang akan melewati tahapan penghitungan, rekapitulasi dan penetapan hasil serta publikasi hasil.  

“Kita perlu kerja keras, cerdas dan kerja cermat, bukti kepada publik kita layak dipercaya mengemban amanah sebagai penyelenggara, dengan seluruh proses,” kata Ketua KPU NTB.

Rekapitulasi tingkat PPK hanya 10 hari. Dengan keterbatasan waktu ini, PPK harus cermat dalam menyusun jadwal, merencanakan jumlah Panel sesuai jumlah desa/kelurahan dalam kecamatan, dengan memperhatikan ketersediaan SDM yang ada.

“Pembagian Panel harus dipastikan tidak akan menimbulkan masalah baru, pastikan sesuai mekanisme yang telah diatur dalam Peraturan KPU, mengingat besarnya tekanan yang akan diterima oleh petugas pada saat rekapitulasi”, tegas Suhardi.

Hal lain yang penting,  pembagian Formulir C6 atau Surat Pemberitahuan memberikan Suara. Form C6 atau pipuler sebagai Undangan Memilih sangat rentan disalahgunakan. Karena itu KPU Kabupaten/kota harus memastikan bahwa C6 kepada yang berhak.

 

Baca Juga :


Harus ada catatan yang detail mengenai berapa jumlah. Kondisi C6 dilaporkan secara berjenjang. “Diharapkan H-1 Pemungutan Suara, laporan itu sudah diterima oleh KPU Provinsi,”kata Suhardi.

Ketua KPU berharap, transfer pengetahuan tentang materi Bimtek, harus dipastikan berlangsung utuh, agar semua memiliki pemahaman yang sama mulai dari Pusat hingga tingkat KPPS.

Bimtek berlangsuk selama 3 hari, sejak senin (25/2) dengan materi Teknis Pemungutan, Penghitungan, Rekapitulasi dan Penetapan Hasil serta pemanfaatan Sistem Hitung (Situng) Pemilu 2019.

Peserta Bimtek terdiri dari Ketua KPU Kabupaten/Kota merangkap Divisi logistik, Divisi Teknis Penyelenggaraan, Divisi Hukum dan Pengawasan, Kasubbag Teknis, serta Operator Situng. Usai kegiatan ini akan dilakukan Bimtek di Kabupaten/Kota se NTB. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan