logoblog

Cari

Sinergi UMKM Hasilkan Produk Bernilai Lebih

Sinergi UMKM Hasilkan Produk Bernilai Lebih

Menghasilkan produk yang bernilai jual, pelaku UMKM harus bersinergi untuk mendapatkan produk yang mempunyai nilai tambah dan layak dipasarkan. Sinergi dan

Opini/Artikel

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
29 Januari, 2019 20:26:32
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 4216 Kali

Menghasilkan produk yang bernilai jual, pelaku UMKM harus bersinergi untuk mendapatkan produk yang mempunyai nilai tambah dan layak dipasarkan.

Sinergi dan kerjasama antar UMKM selain mampu menciptakan lapangan pekerjaan juga membangun inovasi dalam kreasi produk.

"Kedepan UMKM harus berkembang menjadi industri besar," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Prov. NTB Achris Sarwani.

Sinergi itu kolaborasi antara penenun dan desainer. Sehingga pengrajin UMKM bisa tetap berkarya dan hasil tenunnya didesain sehingga menghasilkan nilai yang lebih tinggi.

Hasil usaha akan menghasilkan produk yang bernilai bila penghasil bahan atau tenun bekersama dengan desainar atau perancang. "Sebuah produk usaha tenun, ketika menjadi sebuah fashion nilainya akan jauh lebih tinggi,"jelasnya.

Begitupun produk atau hasil usaha lain, misalnya hasil peternakan, hasil pertanian, hasil alam dan lainnya. Akan bernilai lebih setelah dikemas.

"Saya pikir inilah yang memberi nilai ekonomi yang besar bagi daerah, sehingga bisa dijual atau export," kata Achris Sarwani didepan pengusaha lokal dan UMKM se Pulau Lombok.

 

Baca Juga :


Sehingga gagasan pertemuan ini untuk membangun sinergi antar UMKM dalam memberi nilai tambah yang besar dan nilai lebih.

"Masing-masing ternyata bisa saling mengisi dan bersinergi, sehingga menambah nilai ekonomi," katanya Selasa (29/1) di gedung serbaguna KPwBI Provinsi NTB.

Dalam kesempatan itu, BI menghadirkan DR. Ian seorang desainer asal Jakarta yang menggunakan tenunan NTB untuk menghasilkan Fashion yang bernilai produk untuk export.

Hadir juga sebagai narasumber kegiatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Dr. H. Lalu Saswadi, M.M , Kepala Dinas Perindustrian Ir. Andi Pramaria, M. Si, Kepala UPTD Balai Pengembangan Pelatihan dan Promosi Export Daerah Dinas Perdagangan Prov. NTB Taufik Rahman, SH. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan