logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pohon Tak Berdaun

Pohon Tak Berdaun

Pohon tak berdaun adalah perumpamaan untuk orang yang berilmu tetapi tidak memanfaatkan ilmunya. Ilmu yang didapat harus dimanfaatkan atau diaplikasikan dalam

Opini/Artikel

alan malingi
Oleh alan malingi
11 Oktober, 2018 07:35:00
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 476 Kali

Pohon tak berdaun adalah perumpamaan untuk orang yang berilmu tetapi tidak memanfaatkan ilmunya. Ilmu yang didapat harus dimanfaatkan atau diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Seberapapun ilmu itu harus bermanfaat untuk orang lain dan diamalkan. Berkaitan dengan hal ini, ada sebait pantun dan syair yang menyentil orang orang yang tidak konsisten dengan ilmunya.

Kone Maloaku ilmu samenana
Watisi ngana labo rawi weki
Bune haju ma da ntau ro o

Artinya :

Kendati pintar berbagai ilmu
Bila tidak diikuti oleh perbuatan
Bagaikan Pohon tak berdaun

 

 

Baca Juga :


Pohon yang rindang diibaratkan dengan seseorang yang berilmu dan memanfaatkan ilmunya untuk kemaslahatan orang banyak. Sebaliknya pohon yang tak berdaun adalah perumpamaan. untuk orang yang tidak memanfaatkan ilmunya.

Khalil Gibran mengibararkan hal ini seperti sumber air bening yang tak tersentuh oleh bibir yang kehausan. " lebih baik menjadi sumur hampa" demikian menurut Khalil Gibran. Ilmu dan amal adalah dua sisi yang tak bisa diipsahkan. Keduanya saling berkaitan dan dari situlah ilmu itu menjadi pelita baik bagi dirinya terlebih lagi untuk orang lain.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan