logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menarik Rambut Dalam Tepung

Menarik Rambut Dalam Tepung

Sedikitnya ada tiga ungkapan warisan leluhur dana Mbojo yang menganjurkan kepada kita untuk menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah. Hal itu memberikan

Opini/Artikel

alan malingi
Oleh alan malingi
10 Oktober, 2018 08:08:15
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 2176 Kali

Sedikitnya ada tiga ungkapan warisan leluhur dana Mbojo yang menganjurkan kepada kita untuk menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah. Hal itu memberikan petunjuk kepada kita agar menyelesaikan masalah secara arif, bijaksana dan dengan penuh ketelitian dan kehati hatian.

Hinti Honggo Ade Mubu. Hinti berarti menarik. Honggo artinya rambut. Ade artinya dari dalam. Mubu Artinya tepung. Ungkapan itu berarti menarik rambut dari dalam tepung adalah contoh cara menyelesaikan masalah dengan penuh kecermatan. Kita menarik rambut dari dalam tepung dengan hati hati agar tepung tidak berhamburan. Ungkapan ini mengandung makna agar kita menyelesaikan persoalan secara cermat dan konsentrasi penuh sehingga semuanya dapat diselesaikan dengan elegan.

Alo Pingga Tiringa Kandinci Pingga. Alo artinya membersihkan. Pingga artinya piring. Tiringa artinya tidak mendengar. Kandinci artinya berbunyi(suara piring).Ungkapan ini artinya membersihkan piring tidak didengar bunyinya. Ungkapan ini mengandung maksud agar dalam menyelesaikan persoalan hendaknya diselesaikan pelan pelan dan tidak perlu dibesar besarkan. Kita upayakan bagaimana piring bersih dan tidak berbunyi. Dengan kata lain bagaimana masalah diselesaikan dengan baik dan bijak.

Setiap insan tentunya mendambakan kehidupan yang aman, damai dan tentram. Masalah tetap akan ada dalam kehidupan ini. Tetapi yang paling penting adalah proses dan cara penyelesaiannya yang bijak dan elegan seperti Hinti Honggo Ade Mubu dan Alo Pingga Wati ringa kandinci pingga.

 

Baca Juga :


Jika cara menyelesaikan masalah seperti itu, maka ketentraman akan tercipta sebagaimana ungkapan " Ruku pu Oi ade Kale'a. " Rukupu artinya lebih bergerak. Oi artinya air. Ade artinya di dalam. Kale'a artinya alat mengambil air seperti gayung. Kale'a terbuat dari tempurung kelapa. Fungsinya seperti gayung. Lebih bergerak air di gayungan. Hal ini berarti suasana damai dan tentram tercipta karena kita mampu secara bijak menyelesaikan setiap persoalan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan