logoblog

Cari

Tutup Iklan

Apa Saja Virus Perusak Keperibadian Anak?

Apa Saja Virus Perusak Keperibadian Anak?

Tujuan utama dalam membina rumah tangga salah satunya adalah memiliki keturunan. Dengan adanya keturunan, rumah tangga terasa lengkap. Ada banyak hal

Opini/Artikel

Muhammad Madun Anwar
Oleh Muhammad Madun Anwar
29 September, 2018 16:11:21
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 3757 Kali

Tujuan utama dalam membina rumah tangga salah satunya adalah memiliki keturunan. Dengan adanya keturunan, rumah tangga terasa lengkap. Ada banyak hal yang menyebabkan semua itu terasa lengkap, setidaknya bagi orangtua anak adalah harta yang berharga. Dengan hadirnya anak, setidaknya rumah terasa begitu ramai.

Anak adalah amanah dari Yang Kuasa. Sebagai orangtua, layak untuk melindungi dan menjadikan anak itu lebih baik. Setidaknya, orangtua harus menanamkan rasa percaya diri atau lain sebagainya. Intinya, orangtua memiliki tujuan dalam mendidik anak.

Mendidik memang tidak mudah. Namun, berusaha untuk melakukan itu lebih baik ketimbang berdiam diri. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mendidik. Sebagai orangtua, sudah jelas atau sudah memiliki gambaran dalam melakukan hal itu – mendidik.

Dalam proses mendidik, ada beberapa hal yang orangtua tahu, bahkan di sekitar lingkungan anak akan diperolehnya. Maka dari itu, dalam uraian ini, akan dibahas hal tersebut. Anggap saja hal itu adalah sebuah virus.

Virus? Ya, virus itu bisa dikatagorikan sebuah penyakit yang harus diobata. Namun, sebaiknya, dalam uraian ini, orangtua mengetahui virus-virus tersebut. Jadi, dalam uraian ini akan menyebutkan virus-virus yang akan, atau mungkin saja akan merusak keperibadian anak.

Virus ini bisa didapatkan pada individu anak atau lingkungan sekitar. Sbeagai orangtua, sebaiknya mewaspadai hal tersebut. Dan berikut virus-virus tersebut berdasarkan buku karya Herry Prasetyo dan Rosa Listyandari dengan judul Virus-Virus Perusak Keperibadian Anak (membangun mental anak sejak usia dini).

Minder

Semua orang pernah mengalaminya. Anak juga demikian. Ini disebabkan karena anak merasa bahwa orang lain atau temannya lebih baik dari dirinya. Maka dari itu, orangtua harus menanamkan rasa percaya diri pada anak.

Mudah Menyerah

Ada banyak kegiatan yang dilakukan anak. Mulai mengerjakan tugas, atau tugas tambahan lain dari orangtua. Kadang, anak beranggapan bahwa tugas itu berat dan anak merasa bahwa dia tidak akan bisa mengerjakannya. Nah, sebagai orangtua, mendampingi anak dalam mengerjakan tugas setidaknya mampu membuat anak mampu menyelesaikan tugas tersebut.

Egoistis

Setiap orang memiliki ego. Pada diri anak juga begitu. Bahkan usia batita, rasa ego itu tinggi. Maka dari itu, orangtua harus memahami karakter anak. Banyak hal yang membuat ego anak memuncak. Sebaiknya orangtua mengetahui akan perasaan atau saat-saat mood anak memburuk.

 

Baca Juga :


Serakah

Anak yang memiliki saudara atau teman yang lain, bahkan jika mereka merasa mereka lebih dari teman lain, maka virus semacam ini akan muncul di diri anak. Sebagai orangtua juga tentu harus memberi pemahaman kepada anak bahwa hal itu tidak baik.

Pendedam

Ego itu muncul ketika ada hal yang tidak enak menurut ana. Bahkan, hal yang menyebabkan anak marah akan memunculkan rasa dendam. Anak juga bisa dendam ke teman atau orang lain. Maka dari itu, memberi pemahaman kepada anak sepertinya akan baik.

Sombong

Anak kadang merasa dirinya mampu dari orang lain. Bila anak sering dibangga-banggakan juga akan memunculkan rasa sombong itu. Jadi, sebaiknya orangtua menghindari akan hal itu.

Dan, masih beberapa lagi virus-virus perusak keperibadian anak. Untuk kesempatan ini, hanya ini yang bisa diuraikan. Ada banyak hal yang harus ditata dalam tulisan ini. Apalagi bisa ditinjau, bahwa penulis belum merasakan bagaimana sejatinya atau cara baik untuk mendidik anak. Penulis hanya bisa mneguraikan sampai di sini.

Ada banyak kekuranga. Memang begitulah kehidupan. Maka dari itu, kritik dan saran dalam tulisan ini penulis harapkan. Semoga apa yang ditulis ini bisa bermanfaat. Di waktu lain, penulis akan melanjutkan point lain dari virus-virus perusak keperibadian anak.

image source: pixabay.com



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan