logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mata Air 7.0 Magnitudo di Menanga Baris

Mata Air 7.0 Magnitudo di Menanga Baris

KM. Sukamulia – Pasca Gempa 7.0 SR yang mengguncang pulau Lombok pada tanggal 05 Agustus 2018, banyak kabar beredar mengenai kemunculan

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 September, 2018 10:44:37
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 3485 Kali

KM. Sukamulia – Pasca Gempa 7.0 SR yang mengguncang pulau Lombok pada tanggal 05 Agustus 2018, banyak kabar beredar mengenai kemunculan mata air di berbagai tempat dan salah satunya adalah Mata Air Tawar di area Pantai Menanga Baris Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Warga setempat menyebut mata air itu dengan nama Mata Air 7.0 SR.

Gempa yang mengguncang pulau Lombok merupakan bagian dari anugerah tuhan kepada warga Pulau Seribu Masjid pada khsusunya dan NTB pada umumnya. Benar kata orang-orang suci, “Pandang-lah Musibah sebagai Anugerah sebab di sebalik tuhan senantiasa menurunkan musibah beserta hikma-nya dan hikmahnya itu merupakan anugerah atas musibah tersebut. demikianlah cara tuhan menunjukkan kuasa dan keadila-Nya”.

Dibalik terjadinya musibah gempa yang mengguncang Lombok dan Sumbawa selama bulan Agustus 2018, ternyata banyak sekali anugerah yang diberikan tuhan kepada penghuni Pulau Seribu Masjid, salah satunya adalah bermunculannya mata air baru dan hidupnya mata air-mata air yang telah lama mati.

Salah satu mata air baru yang muncul pasca gempa 7.0 Magnitudo di pulau Lombok adalah Mata Air Tawar di Area Objek Wisata Pohon Porba, tepatnya di sekitar Pantai Pidana Dusun Menanga Baris Desa Gunung Malang.

Menurut keterangan dari warga sekitar, Mata Air tersebut muncul setelah guncangan gempa bersekala 6.4 magnitudo.

“Mata air ini muncul pertama kali-nya pada saat gempa pertama yang bersekala 6.4 SR. Awalnya mata air ini muncul di beberapa titik dengan lubang-lubang kecil yang mengeluarkan air. Setelah terjadi gempa 7.0 SR, titik mata air semakin banyak dan besar, naaahh ketika terjadi lagi gempa bersekala 7.0 SR yang kedua, titik-titik mata air tersebut seperti menyatu dan airnya semakin meluap”, kata Jumali berkisah kepada kami saat berkunjung ke lokasi pada hari Kamis (13/09/2013) lalu.

Pengisahan yang sama juga kami dapatkan dari beberapa orang warga sekitar. Karena mata air tersebut muncul pasca gempa yang mengguncag pulau Lombok maka warga sekitar menyebut-nyebutnya dengan nama Mata Air Gempa dan ada juga yang menyebutnya dengan nama Mata Air 7.0 Magnitudo. Sungguh Allah Maha Kuasa, kami tercengang melihat mata air yang begitu besrnya itu. Kami semakin tercengang ketika mencoba meminum air-nya. Air yang keluar dari mata air itu tawar dan berasa seperti air pegunungan, air tersebut juga cukup dingin, layaknya mata air yang muncul di daerah pegunungan yang padahal mata air tersebut muncul di pinggir pantai.

 

Baca Juga :


Demikianlah Allah SWT menunjukkan kuasa-Nya. Bencana gempa yang ditimpakan di tanah pulau Seribu Masjid membawa banyak hikmah, dengan kun payakun-Nya, Ia memunculkan Mata Air di pinggir pantai dengan air-nya yang berasa tawar dan dingin.

Saat ini mata air tersebut sudah meluap dan membentuk telaga yang cukup besar. Kini di tempat itu muncul salah satu destinasi wisata baru yang ke depannya dapat dikembangkan sebagai Objek Wisata Tirta dan dapat pula dijadikan sebagai sumber mata air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar akan kebutuhan air bersih.

Mata Air tersebut muncul di sekitaran pondasi Exs Lian Beach Café yang berlokasi di depan area Objek Wisata Pohon Purba Lian. Kemunculan mata air tersebut memancing rasa penasaraan orang-orang yang mengetahui informasi mengenai keberadaannya sehingga kini mata air tersebut sudah ramai dikunjungi. Dengan demikian, ke depannya mata air tersebut pastinya akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di seputaran Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya dan tentunya itu akan berdampak positif bagi perekonomian warga sekitar.

_By. Asri The Gial_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan