logoblog

Cari

Tutup Iklan

Cara Allah Mendekatkan Diri-Nya

Cara Allah Mendekatkan Diri-Nya

KM. Sukamulia – Pada momen pengajian Tahun Baru 1440 Hijriah yang dirangkaikan dengan Trauma Healing di Posko Pengungsian KM. Sukamulia, petugas

Opini/Artikel

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 September, 2018 01:41:22
Opini/Artikel
Komentar: 0
Dibaca: 1683 Kali

KM. Sukamulia – Pada momen pengajian Tahun Baru 1440 Hijriah yang dirangkaikan dengan Trauma Healing di Posko Pengungsian KM. Sukamulia, petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur (Ustaz Taisyir) menyemapaikan tausyah yang bertema Gempa Lombok Adalah Cara Allah Mendekatkan Diri-Nya.

Di dalam ceramahnya yang berdurasi sekitar 50 menit, Ustaz Taisyir menyampaikan mengenai berbagai hal yang terkait dengan gempa Lombok dan hikmahnya kepada masyarakat Lombok. Beliau juga menyampaikan bahwa Rahasi Allah tidaklah bisa diketahui oleh seorang malaikat bahkan rasulullah sekalipun.

Sebagai renungan kita di awal tahun 1440 Hijriah ini, berikut kami ulas penggalan dari isi tausyah yang disampaikan oleh petugas dari Kementerian Agama Lotim tersebut. Semoga tauysah beliau dapat menggugah pikiran kita sekalian.

Rahasia Allah SWT ada lima. Rahasia-Nya yang pertama adalah hari kiamat. Sesungguhnya Allah SWT merahasiakan hari kiamat dan selaku ummat islam, itu wajib kita Imani atau percayai. Tidak ada seorang malaikat, tuan guru, manusia dan bahkan tidak ada seorang nabi-pun yang dapat mengetahui kapan terjadinya kiamat. Hanya saja Allah SWT memberikan pengetahuan kepada manusia mengenai ciri-ciri terjadinya hari kiamat dan Gempa yang menimpa kita di Pulau Lombok ini insyallah bukanlah Kiamat Kubro atau kiamat yang sesungguhnya. Ini hanyalah peringatan kepada kita semua suapay kita ingat kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Papar Ustaz Taisyir diawal penyampaikan tausyahnya.

Rahasia Allah yang kedua adalah Hujan. Sesunguhhnya Allah-lah yang mengatur hujan. Tidak ada istilahnya dukun atau tuan guru dan lainnya yang bisa memindahkan atau mengatur hujan dan hanya Allah yang berkuasa mengatur hujan. Mengapa hujan itu rahasia Allah sebab hujan itu bisa menjadi perang bagi manusia. Jika manusia dapat mengatur hujan maka hujan itu dapat dijadikan senjata oleh manusia untuk menghancurkan sesamanya. Untuk itu, kita harus mensyukuri hujan yang diturunkan oleh Allah SWT sebab dengan turunnya hujan kita dapat mengairi swah ladang yang kita punya dan itu adalah sumber rezeki bagi kita semua.

Rahasia Allah yang ketiga adalah Allah Maha Tahu tentang apa yang ada di dalam Rahim seorang ibu. Manusia hanya bisa beriktiar, misalnya dokter dapat mendeteksi kelamin seorang bayi yang berada di dalam kandungan ibu-nya saat ia berusia lima bulan. Namun demikian, banyak hasil deteksi tersebut yang meleset. Allah lah yang mementukan kelamin bayi yang ada di dalam Rahim ibu nya. Kita hanya bisa berdoa dan berikhtiar. Dengan demikian, semua yang terjadi di alam semesta ini adalah sesuai dengan ketetapan Allah SWT.

Rahasia Allah yang keempat adalah mengenai rizki. Kita dianjurkan memiliki badan yang sehat dan kiaut supaya kita bisa berikhtiar menuntut rizki dari Allah. Percuma Allah memberikan kita badan yang sehat dan kuat jika kita hanyaa berpangku tangan dan tidak mau bekerja guna mendapatkan rizki dari Allah. Oleh sebab itu, mari kita pelihara kesehatan kita. Kita akan sehant apabila pikiran kita tenang. Naah… dengan demikian maka marilah kita tenangkan pikiran kita, jaangan kita merasa takut terus dengan gempa yang tengah melanda kita. Marilah kita tenang dan kembali bekerja serta menuntut rizki yang halal supaya hidup kita selamat dunia dan akhirat.

Rahasia Allah yang kelima adalah kematian. Kita semua akan mati namun kita tidak boleh pasrah. Kita bisa berusaha menghindar dari kematian dengan jalan berusaha, sepeti dengan berhati-hati saat mengendara, berobat jika kita sakit, waspada dengan bencana yang tengah menimpa kita atau senantiasa waspada atas gempa yang menimpa kita di Pulau Lombok ini, seperti dengan mengungsi seperti ini. Mati adalah rahasia Allah. Kalau mati itu tidak dirahasiakan maka seluruh manusia di bumi ini tidak aka nada yang waras, tidak ada yang taat kepada Allah. Contoh, seandainya Allah memberikan kita jadwal kematian maka setahun bahkan dua tahun sebelum jadwal kematian itu tiba maka kita tidak akan berani keluar dari masjid, kita akan terus berzikir dan bertobat tanpa mau mengerjakan pekerjaan yang lain. Jika saja Allah tidak merahasiakan kematian pastinya kita tidak akan termotivasi untuk membangun di atas dunia ini. Jelas Ustaz yang berasal dari Desa Masbagi Utara tersebut dengan suara yang tegas.

 

Baca Juga :


Beliau juga menjelaskan, sesungguhnya gempa yang melanda kita ini adalah cara Allah mendekatkan diri-Nya kepada kita supaya kita senantiasa mengingat kebesaran-Nya. Dengan gempa ini Allah semakin dekat dengan kita dengan demikian, jika Allah dekat dekan kita maka apapun yang kita panjatkan atau mohon akan cepat dikabulkan-Nya. Bukankah Allah berfirman, “Mintalah kepada Ku, pasti Aku jawab kepada mu”.  Dengan demikian, jangan gara-gara gempa ini keimanan kita semakin lemah dana tau semakin lupa kepada Allah. Jangan sampai kita melupakan shalat, jangan sampai kita lemah berpangku tangan.

Insyallah, dengan bencana ini Allah merencanakan hal yang lebih baik kepada kita sekalian. Yakinlah bahwa, ada rencana Allah yang lebih baik kepada kita. Contohnya, dengan gempa ini Lombok dikenal oleh seluruh dunia, ummat Islam di seluruh dunia bersolidaritas kepada masyarakat Lombok.

Kita selaku muslim atau mukmin yang taat jangan sampai percaya kepada berita-berita yang tidak karuan, apalagi itu berasal dari ahli nujum. Mari kita pilah berita atau informasi yang kita terima dengan sebaik mungkin supaya kita tetap tenang menghadapi ujian Allah ini. Marilah kita bertawakkal kepada Allah, kita beriktiar dan berdoa semoga kita panjang umur. Saat ini kondisi sudah mulai aman oleh sebab itu mari kita tenangkan pikiran kita.

Ahirnya marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah. Sekali lagi, gempa ini adalah ujian Allah yang harus kita hadapi dengan penuh kesabaran dan lapang dada. Jangan sampai kita berputus asa sebab sesungguhnya melalui gempa ini Allah mendekatkan diri-Nya kepada kita sekalian. Gempa ini merupakan bagian dari Rahmat dan Kasih Sayang Allah untuk kita semua. Oleh sebab itu, mari kita syukuri semunya. Tegas laki-laki yang murah senyum itu sebelum mengahiri tausyahnya.

Warga dan pencinta Kampung Media yang Budiman, demikianlah ulasan tausyah yang dismapaikan oleh Ustaz Taisyir, semoga tausyah tersebut dapat menjadi motivasi bagi kita sekialian. Semoga Allah SWT segera mengahiri gempa bumi yang diturunkan sebagai unian atas keimanan kita warga Pulau Seribu Masjid ini. Semoga pula kita sekalian tetap dalam lindungan-Nya. Amin yaa Rabbal Alamin. Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan